29 August 2020, 00:10 WIB

Modal untuk Hadapi Musim Baru


Akmal Fauzi | Sepak Bola

ARSENAL akan menghadapi Liverpool pada ajang Community Shield di Wembley, malam ini. Pertandingan itu akan jadi pembuka Liga Inggris musim 2020-2021. 

Pertarungan juara Piala FA dan kompetisi Liga Primer akan dimanfaatkan kedua tim sebagai modal penting untuk menyambut kompetisi musim baru. Bagi Liverpool, laga tersebut ialah kesempatan untuk menebus kekalahan musim lalu dari Manchester City.

Sebaliknya, Arsenal dapat mengonsolidasikan kebangkitan mereka di bawah arahan Mikel Arteta setelah mengalahkan Chelsea untuk meraih gelar Piala FA ke-14.

“Saya pikir itu memang menjadi fondasi kepercayaan diri bahwa kami bisa menantang tim-tim hebat dan mengalahkan mereka,” kata Arteta dilansir dari laman resmi klub.

Dalam menyambut musim baru, Arsenal dapat tambahan kekuatan dengan bergabungnya William Saliba dan Willian Borges da Silva. Keduanya berpeluang melakukan debut pada pertandingan malam ini.

Namun, Arsenal tengah kehilangan empat pemain yang harus menjalani karantina dengan sejumlah alasan. The Sun melaporkan penjaga gawang Emiliano Martinez, salah satunya, harus menjalani karantina karena baru pulang dari berlibur di Portugal.

Hal itu menjadi masalah bagi Arteta karena penjaga gawang pertama mereka, Bernd Leno, baru pulih dari cedera sehingga kondisi fisiknya masih diragukan. Selain itu, ada Gabriel Magalhaes. Pemain yang baru diboyong dari klub Prancis Lille itu harus menjalani karantina sehingga Arsenal belum secara resmi mengumumkan transfernya.

Laporan itu juga menyebut dua pemain lain yang harus menjalani karantina, tetapi identitas keduanya tak disebutkan. Kejutan bisa saja tetap terjadi mengingat the Gunners pernah mengalahkan Liverpool 2-1 di Emirates dalam laga pekan ke-36 Liga Primer musim lalu. Liverpool saat itu sudah dinobatkan sebagai juara Liga Primer.

Sementara itu, Liverpool menatap musim depan dengan mendatangkan Konstantinos Tsimikas. Meski demikian, mereka diyakini tetap solid karena tidak banyak perubahan dalam skuad mereka.

“Kami harus siap dengan pertandingan ini meski tak banyak waktu pramusim yang didapat. Saat melawan Arsenal, saya kira kami punya kans untuk memenangi laga,” ujar pelatih Liverpool, Juergen Klopp, dilansir laman resmi klub.


Tertular covid-19

Jelang Liga Primer Inggris yang akan dimulai pada 12 September, sejumlah tim terancam kehilangan pemain andalan. Manchester United baru-baru ini mengabarkan Paul Pogba positif covid-19.

Padahal, Pogba direncanakan juga akan memperkuat timnas Prancis untuk melawan Kroasia dan Swedia. “Pogba telah dicoret dari skuad (Prancis) setelah dinyatakan positif covid-19. Gelandang tersebut tidak akan dapat menambah 69 cap dan 10 gol untuk negaranya pada pertandingan bulan depan,” ujar United dalam sebuah pernyataan resmi.

Chelsea juga bernasib sama dengan United dan, parahnya, ada lebih dari satu pemain yang tertular. Chelsea belum memberikan informasi resmi, tapi diyakini Jorginho, Ross Barkley, Emerson, Michy Batshuayi, Mason Mount, Fikayo Tomori, Tammy Abraham, dan Christian Pulisic tengah menjalani karantina.

Telegraph mengatakan ada enam pemain yang merasa terinfeksi oleh covid-19, sementara dua pemain lainnya mengisolasi diri setelah melakukan kontak dengan pemain yang tertular oleh covid-19.

The Times melaporkan tiga klub, yakni Sheffi eld United, Brighton, dan West Ham United, juga memiliki pemain yang terinfeksi oleh covid-19 dalam beberapa pekan terakhir. (Faj/Eurosport/R-3)

BERITA TERKAIT