28 August 2020, 21:06 WIB

Soal Positivity Rate 10,1%, Dinkes DKI Hanya Bicara Testing


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

SAAT ini kasus positif covid-19 di Jakarta dengan menembus 37.278 kasus dan positivity rate sepekan terakhir mencapai 10,1%. Saat ditanyakan perihal kondisi tersebut, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti hanya menyinggung soal kapasitas testing.

"Poinnya kita tetap meningkatkan kapasitas testing untuk memastikan bagaimana warga mengetahui statusnya," ujar Widyastuti di Balai Kota Jakarta, Jumat (28/8).

Pihaknya mengklaim telah masif lakukan metode active case finding atau melacak warga yang terpapar covid-19.

Hari ini Dinas Kesehatan DKI Jakarta lakukan tes PCR sebanyak 7.025 spesimen

"Kami tracing sehingga dari tracing tadi kita mengetahui bagaimana pola penyebarannya," imbuh Widyastuti.

Baca juga : Zona Merah, Pemkot Bogor Terapkan PSBB Skala RW

Selain itu Widyastuti menyebut sudah 70% kamar ICU di rumah sakit rujukan covid-19 di Jakarta sudah ditempati pasien virus menular tersebut.

"Kami harus menyiapkan peningakatan kapasitas testing, kita tidak tinggal diam, kita pastikan isolasinya harus berjalan dengan baik, isolasi baik mandiri atau rumah sakit," ucapnya.

Menurut Widyastuti tidak semua pasien covid-19 dilarikan ke rumah sakit. Jika masih lakukan isolasi mandiri, pihaknya bakal mendorong hal tersebut ke warga karena kapasitas kamar rawat di rumah sakit membludak.

"Kalau orang tanpa gejala atau ringan kita kerjasama dengan Wisma Atlet yang punya kapasitas yang cukup besar, kami koordinasi. Dari 100% pasien covid tidak semua membutuhkan rumah sakit, 50% ada tanpa gejala, kita bantu dorong itu," pungkas Widyastuti. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT