28 August 2020, 20:42 WIB

Menko PMK Minta Pasar Khusus Produk Desa Digelar Kembali


Yusuf Riaman | Nusantara

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meminta masyarakat untuk menghidupkan pasar minggu agar perekonomian masyarakat berjalan lancar.

"Kalau ini bisa digerakkan, saya yakin akan menjadi kekuatan yang luar biasa dalam rangka membangkitkan ekonomi kerakyatan dan juga untuk mendorong pariwisata di NTB," katanya saat meninjau Kampung Sehat Rajumas, Desa Mantang,  Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah binaan Polda NTB, Jumat (28/08).

Menko saat menyaksikan produk kerajinan dan olahan pangan khas Desa tersebut sangat tertarik dan meminta masyarakat supaya menghidupkan pasar minggu agar perekonomian masyarakat di Rajumas berjalan lancar.

Ia mencontohkan salah satu daerah yang pernah ia kunjungi di Inggris yang menerapkan sistem pasar Minggu, bukan sekedar pasar minggu biasa tapi diperkuat dengan aturan pemerintah setempat.

"Semua warga datang di suatu tempat yang sudah disediakan mayor (bupati), untuk mereka jualan, hari itu tidak boleh jualan selain warga, semua toko-toko tutup, sekarang ini waktunya jualan warga," ungkapnya.

Ia mengatakan, jika cara ini diterapkan, NTB akan menjadi contoh bagi provinsi lain dalam pengelolaan kesejahteraan masyarakat.

Keberadaan Mandalika di Lombok Tengah sebutnya, jangan sampai hanya dinikmati oleh orang-orang tertentu yang memiliki modal di Mandalika. Tetapi, harus didorong agar wisatawan tidak hanya ke Mandalika, namun harus ke tempat lain seperti di Rajumas.

Baca juga : Bali Bentuk Pasar Gotong Royong agar Ekonomi Bergeliat

"Jadi bapak bupati juga harus berdialog dengan pihak pengelola Mandalika, untuk diberikan ruang, jangan hanya diberikan untuk jadi pedagang asongan saja, di sana, saya kira itu terlalu kecil," tegas Menko ini.

Ia yakin pengelola Mandalika setuju jika program tersebut dijalankan karena hal itu termasuk dalam pemberdayaan masyarakat sekitar.

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah mengatakan, Desa Sehat, adalah salah satu program yang diinisiasi oleh Kapolda NTB

"Inilah inovasi dari Pak Kapolda, semua desa-desa kami menunjukkan keindahan masing-masing sambil pada saat yang sama protokol kesehatan dikedepankan," katanya.

Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy serahkan 65 ribu bantuan rumah hunian tetap (huntap) untuk korban gempa di Desa Teratak, Batukliang Utara, Lombok Tengah yang terdampak gempa bumi dua tahun lalu.

“Kedatangan kami kesini untuk memastikan progres pembangunan rumah tahan gempa, Alhamdulillah hari ini kami menyerahkan kunci rumah tahan gempa sebanyak 65 ribu,” ujar Muhadjir Effendy.

Menko PMK mengatakan, selanjutnya tugas masyarakat semua untuk segera menempati dan menjaga rumah yang telah diberikan oleh pemerintah tersebut. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT