28 August 2020, 18:26 WIB

DKI Sediakan Ribuan Akses Internet Gratis


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi meluncurkan aplikasi Jak Wifi, yang menyediakan titik akses internet secara gratis.

Peluncuran dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jumat (28/8), yang juga disiarkan langsung melalui akun YouTube resmi. Hadir pula Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Anies berharap Jak Wifi dapat membantu masyarakat Ibu Kota selama pandemi covid-19. Dia pun menyoroti kemunculan sejumlah pelaku usaha mikro yang berjualan dan promosi secara daring.

Baca juga: Kasus Covid-19 Tinggi, Satgas Persilakan Anies Tarik Rem Darurat

Akses internet gratis juga bertujuan membantu pelajar yang kesulitan kuota internet di tengah masa krisis. "Kita berharap melalui ini akan tumbuh penciptaan kesempatan. Bukan sebagai konsumen, melainkan sebagai supllier," pungkas Anies.

Penyediaan akses internet gratis merupakan kolaborasi antara Pemprov DKI dan PT Balitowerindo, serta pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Jaringan Telekomunikasi (Apjatel).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Atikah Nur Rahamania menyebut saat ini Jakarta memiliki 4.956 akses internet gratis di berbagai fasilitas umum. Dalam waktu dekat, Pemprov DKI akan menambah 1.200 akses internet.

Baca juga: Ada Siswa di DKI yang tidak Miliki Ponsel untuk Belajar Daring

"Ditargetkan dalam waktu dua bulan, titik akses internet gratis ini bisa bertambah hingga 9 ribu titik," tutur Atikah.

Penyediaan akses internet gratis juga menyasar pelosok permukiman warga yang selama ini jarang tersentuh. Kolaborasi penyediaan akses internet gratis terus dibuka dan diharapkan banyak pihak yang terlibat untuk membantu warga DKI.(OL-11)


 

BERITA TERKAIT