27 August 2020, 11:40 WIB

Pemkab Sorong Launching Aplikasi Siap Tani


Martinus Solo | Nusantara

PENJABAT Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong Ari Wijayanti meluncurkan aplikasi strategi pengambilan kebijakan dalam bidang pertanian berbasis informasi teknologi di Kabupaten Sorong yakni Siap Tani. Peluncuran tersebut bertempat di Aula Kantor BKAD, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (27/8).

Ari menyampaikan, suatu pekerjaan akan lebih mudah dengan sistem teknologi. Pemerintah pusat pun mengimbau kepada pemerintah daerah untuk menggerakkan setiap sendi-sendi kegiatan pemerintahan ditunjang dengan aplikasi.

"Saya sangat mendukung dan salut atas ide-ide cemerlang yang diusung oleh Asisten II Kabupaten Sorong Chris Tupamahu. Melalui sistem aplikasi Siap Tani ini, dapat mempermudah penyebaran informasi produk pertanian, peternakan dan perikanan dan mempercepat pimpinan dalam mengambil kebijakan, karena kebijakan dapat diambil ketika data itu ditampilkan kapanpun dan dimanapun," kata Ari Wijayanti.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Bertambah, Kota Sorong Akan Siapkan Perwali

Sementara itu, Chris Tupamahu menyampaikan manfaat dari aplikasi ini yakni terciptanya pengelolaan data produk pertanian dan perikanan berbasis IT sehingga dapat menjadi bahan valid dalam pengambilan kebijakan strategis.

Lalu, terwujudnya pelayanan publik yang transparan, akuntabel dan sistematis. Selanjutnya, terbangunnya persepsi dan sikap masyarakat atas kinerja Pemerintah Kabupaten Sorong dalam mengelola informasi produk pertanian dan perikanan semakin mudah diakses. Kemudian, menghasilkan data/informasi digital produk pertanian dan perikanan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan strategis.

Selain itu, Aparatur Sipil Negara maupun masyarakat dapat dengan mudah mengakses data produk pertanian dan perikanan.(OL-5)

BERITA TERKAIT