18 August 2020, 10:56 WIB

Selandia Baru Laporkan 13 Kasus Baru Covid-19


Faustinus Nua | Internasional

SELANDIA  Baru, Selasa (18/8), melaporkan 13 kasus baru covid-19 yang dikonfirmasi selama 24 jam terakhir.

Direktur Jenderal Kesehatan Ashley Bloomfield, dalam jumpa pers di Wellington, mengatakan 12 kasus terkait dengan klaster yang ada di Auckland. Negara Pasifik itu, sejauh ini, mencatat sekitar 1.300 kasus yang dikonfirmasi dan 22 kematian.

Dikutip CNA, Auckland yang menjadi pusat penyebaran virus di Selandia Baru merupakan rumah bagi hampir sepertiga dari 5 juta penduduk negara itu. Aturan ketat sudah ditetapkan seperti lockdown. Aturan jarak sosial pun diberlakukan di kota-kota lain.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Pekerja Kesehatan Suriah Meroket

Perdana Menteri Jacinda Ardern, Senin (17/8), mengumumkan pemilihan umum negara itu akan ditunda selama empat minggu hingga 17 Oktober karena menangani wabah baru virus. Pemilu awalnya dijadwalkan digelar pada 19 September.

Meski mencatat peningkatan kasus baru dalam beberapa hari terakhir, Selandia Baru bernasib jauh lebih baik daripada kebanyakan negara. Akan tetapi, otoritas setempat telah memperpanjang lockdown untuk 1,7 juta penduduk kota hingga 26 Agustus.

Hingga kini, asal muasal wabah baru masih belum diketahui. Pihak berwenang sebelumnya mengatakan virus mungkin melalui fasilitas penyimpanan dingin Amerika Serikat (AS), tempat salah satu pasien yang terinfeksi bekerja. (OL-1)

BERITA TERKAIT