18 August 2020, 07:15 WIB

Ibu-Ibu Ethiopia Sudah Puluhan Kali Ikut Peringatan HUT RI


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

ASHU Dema, 69, seorang ibu Ethiopia berusia 69 tahun, staf KBRI Addis Ababa, telah mengikuti upacara dan kegiatan peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI sebanyak 53 kali di Kedutaan Besar RI (KBRI) Addis Ababa, termasuk pada 2020.

“Saya mulai bekerja di sini ketika berusia 16 tahun. Saya selalu mengikuti upacara bersama staf KBRI yang lain. Saya juga membantu semua kegiatan peringatan HUT RI, terutama memasak,” kata Ashu usai upacara bendera peringatan HUT ke-75 RI, Senin (17/8), di halaman KBRI Addis Ababa.

Dua ibu Ethiopia lainnya, Almaz Neguse dan Askale Wadarufael, yang juga bekerja di KBRI Addis Ababa, juga telah puluhan tahun mengikuti upacara bendera dan kegiatan peringatan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Trump Ucapkan Selamat HUT Kemerdekaan Kepada Jokowi

Almaz telah mengikuti upacara HUT RI sebanyak 40 kali sedangkan Askale 30 kali.

Ketiga ibu Ethiopia itu mengatakan senang sekali bekerja di KBRI Addis Ababa. Sayangnya, meski telah bekerja di KBRI lebih setengah abad, Ashu belum pernah berkunjung dan melihat Indonesia, demikian pula dengan Almaz dan Askale.

“Kami cinta sekali dengan Indonesia, orangnya baik, sehingga kami senang bekerja di kedutaan ini,” kata mereka bertiga.

Pada 2019, ketiga ibu Ethiopia ini menerima piagam penghargaan dari Duta Besar RI atas dedikasi dan pengabdian mereka bekerja di KBRI Addis Ababa. Piagam tersebut diserahkan dalam acara khusus usai upacara bendera.

“Ketiga ibu Ethiopia itu pintar berbahasa Indonesia dan mahir memasak berbagai jenis masakan Indonesia. Bahkan mereka juga mengajarkan beberapa orang Ethiopia memasak masakan Indonesia,” kata Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, dalam keterangan pers.

“Upacara peringatan HUT RI tahun ini di KBRI Addis Ababa hanya diikuti staf KBRI dan keluarga serta beberapa pimpinan perusahaan Indonesia di Ethiopia, karena adanya protokol covid-19. Tidak seperti tahun lalu, kami mengundang sekitar 100 pemuda Ethiopia, pengusaha dan sahabat Indonesia lainnya di Ethiopia,” pungkas Dubes Al Busyra. (OL-1)

BERITA TERKAIT