18 August 2020, 00:35 WIB

Jabar Sumbang Peserta Terbanyak


MI | Olahraga

JAWA Barat  menjadi provinsi yang memiliki peserta terbanyak di Piala Menpora Esports Axis 2020.

Kejuaraan tingkat nasional yang dikhususkan bagi kelompok pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa itu resmi dimulai, kemarin. Secara total, turnamen yang mempertandingkan gim Mobile Legends itu diikuti 14.410 peserta yang terbagi lebih dari 2 ribu tim. Di babak kualifikasi,
mereka akan berkompetisi yang terbagi dalam empat kloter dengan 512 tim per kloter.

Babak grand final yang akan berlangsung pada 3–4 Oktober mendatang mempertemukan delapan tim terbaik dari empat kloter untuk bersaing meraih gelar juara.

“Ada lima provinsi yang kirim peserta terbanyak, ada Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Banten. Paling banyak itu Jawa Barat. Sementara pendaftar itu dari kalangan mahasiswa atau perguruan tinggi yang paling banyak,” kata Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 AXIS Giring Ganesha dalam konferensi pers, kemarin.

Presiden Indonesia Esports Premiere League (IESPL) itu menambahkan bahwa tingginya animo peserta mengindikasikan bahwa esports masih tetap populer dan digemari di tengah kondisi pandemi covid-19.

“Piala Menpora Esports 2020 AXIS dirancang untuk menjadi wadah kompetisi bagi talenta-talenta muda esports kita agar mereka berkembang dan kemudian bisa menjadi atlet pro yang berprestasi di masa depan.

Kita melihat potensi atletatlet kita ini luar biasa dan industrinya pun tumbuh positif. Maka itu, melalui kejuaraan ini, kita ingin bagaimana esports ini juga bisa membawa kejayaan Indonesia,” jelas Giring.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menegaskan pemerintah berkomitmen memajukan esports di Tanah Air. Apalagi, Indonesia baru saja menyabet gelar juara dunia di salah satu ajang esports internasional beberapa waktu lalu.

“Kita sudah menjadi juara dunia. Tentu kita harus persiapkan atlet sebagai pelapis dengan berjenjang agar tidak putus,” kata Menpora. (Mal/R-3)
 

BERITA TERKAIT