15 August 2020, 18:20 WIB

Bio Farma Targetkan Suntik 100 Relawan per Hari


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

MANAJER Senior Integrasi Riset dan Pengembangan PT Bio Farma Neni Nurainy mengatakan sampai hari ini lebih dari 100 orang relawan covid-19 telah menjalani suntikan pertama uji klinis III vaksin Sinovac dari Tiongkok. Bahkan, sekitar 20 orang telah disuntik melampaui target awal.

"Kemarin saat Presiden datang baru 19 orang. Jadi dalam waktu sehari dikalikan mungkin sampai hari ini telah lebih 100 orang disuntik," kata Neni dalam diskusi daring bertema menanti vaksin Covid-19, di Jakarta, Sabtu, (15/8).

Dia menyebut saat ini pihaknya masih melakukan proses rekrutmen relawan. Dimana relawan yang terdaftar sampai hari ini baru 1.451 dari target 1.620 orang.

"Kita masih berproses mencapai kuota tersebut," jelasnya.

Neni menerangkan, para relawan akan disuntikkan cairan dua kali dengan jarak waktu 14 hari. Sehingga para relawan juga akan dibagi dalam dua kelompok yakni disuntikkan vaksin dan plasebo (cairan injeksi).

"Setelah 14 hari, sampel darah diambil untuk diteliti," paparnya.

Sampel darah diambil lagi enam bulan kemudian untuk evaluasi. Lanjut Neni, target penyuntikan hingga Desember 2020 sudah mencakup suntikan pertama dan kedua.

"Jika kuota telah terpenuhi, targetnya memang 100 relawan untuk disuntik uji klinis fase III ini," lanjutnya.

Neny menambahkan uji klinis ketiga ini bertujuan melihat respons vaksin dalam populasi yang lebih besar. Sedangkan uji klinis pertama dan kedua melihat dari segi keamanan dan respons imun.

"Uji klinis ketiga melihat keamanan, respons imun, dan efikasi atau khasiat dari vaksin ini," pungkasnya.

Neni memastikan dari 100 orang relawan yang telah disuntik dalam kondisi sehat dan prosesnya juga berjalan lancar.

"Tidak ada kendala yang berarti, mungkin dari mereka ada yang takut jarum suntik," tutupnya.

Diketahui, uji klinis fase III vaksin Sinovac dilakukan di lima negara, yaitu Indonesia, Chile, Turki, Brazil, dan Bangladesh. Sementara di Indonesia, syarat para relawan harus berdomisili di Bandung, Jawa Barat. (OL-4)

BERITA TERKAIT