15 August 2020, 04:07 WIB

Bayern Muenchen Hancurkan Barcelona 8-2


Widhoroso | Sepak Bola

KEKALAHAN memalukan didapat Barcelona di perempat final Liga Champions 2019-2020. Menghadapi Bayern Muenchen di Estadio da Luz, Lisabon Portugal, Sabtu (15/8), Barcelona remuk redam setelah dipermalukan Muenchen dengan skor telak 2-8.

Delapan gol Muenchen ke gawang Barcelona yang dikawal Marc-Andre ter Stegen diciptakan Thomas Mueller menit keempat dan 31', Ivan Perisic (22'), Serge Gnabry (28'), Joshua Kimmich (63'), Robert Lewandowski (82'), serta Philippe Coutinho (85', 89'). Sedangkan dua gol hiburan Barcelona tercipta melalui bunuh diri pemain Muenchen David Alaba ( 7') dan gol  Luis Suarez (57').

Bagi Barcelona ini merupakan kekalahan terbesar yang pernah dialami di Liga Champions. Sebelumnya kekalahan terbesar Barcelona di Liga Champions terjadi pada final 1994 saat ditundukkan AC Milan 0-4.

Bagi Barcelona ini menjadi kali pertama gawang mereka kebobolan empat gol di babak pertama dalam laga Liga Champions. Barcelona juga menjadi tim pertama yang gawangnya kebobolan sedikitnya empat gol di babak pertama pada laga fase gugur. Tim terakhir yang mengalami hal itu adalah FC Porto. Klub asal Portugal itu kebobolan lima gol saat menghadapi Muenchen di leg kedua babak perempat final.

Kegagalan di Liga Champions dan kekalahan memalukan dari Muenchen ini membuat posisi pelatih Barcelona Quique Setien makin terancam. Setien yang juga gagal membawa Barcelona meraih gelar di La Liga musim ini, hampir bisa dipastikan akan dipecat.    

Bagi Muenchen, kemenangan besar atas Barcelona jadi modal besar menghadapi babak semifinal. Selanjutnya, juara Bundesliga tersebut akan menghadapi pemenang laga perempat final antara Lyon dan Manchester City. (AFP/R-1)  

BERITA TERKAIT