15 August 2020, 02:30 WIB

Pelayanan RSUD Cibabat Cimahi Kembali Dibuka


Depi Gunawan | Nusantara

PELAYANANAN di RSUD Cibabat Kota Cimahi kembali dibuka pada Jumat (14/8) setelah sempat ditutup selama tiga hari pascabelasan pegawai terkonfirmasi positif virus korona (Covid-19). Pelayanan kembali dibuka setelah hasil tes swab seluruh pegawai negatif.

"Hasilnya negatif semua. Sehingga semua pelayanan mulai hari ini dibuka kembali," kata Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna, Jumat (14/8).

Mengenai belasan pegawai RSUD Cibabat yang sebelumnya dinyatakan positif, lanjut Ajay, sejauh ini kondisinya cukup sehat dan mereka tengah dirawat di RSUD Cibabat. Bahkan tiga orang dikabarkan telah sembuh. "Atas kejadian ini kami meminta para pegawai agar meningkatkan kesadaran dalam menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang pada RSUD Cibabat, Agustiningsih mengungkapkan, dari total sekitar 1.000 lebih pegawai yang telah di-swab, baru sekitar 556 orang hasil tesnya sudah keluar, mereka adalah pegawai prioritas yang langsung berhubungan dengan pasien.

"Yang prioritas itu dokter dan perawat atau pegawai yang langsung kontak erat dengan pelayanan, hasilnya semua negatif," ungkapnya .

Sementara sisanya, yakni sekitar 488 pegawai penunjang yang berasal di bagian administrasi atau manajemen yang tidak langsung melakukan pelayanan kepada masyarakat, hasilnya tesnya baru akan keluar Jumat ini.

Dengan mempertimbangkan tenaga kesehatan yang sudah dinyatakan negatif, terang Agustiningsih, pihaknya kemudian memutuskan membuka pelayanan untuk pasien umum. "Tadi sudah ada pasien rawat jalan. Di instalasi gawat darurat (IGD) juga sama, sudah mulai ada yang datang," tuturnya. (R-1)

BERITA TERKAIT