14 August 2020, 21:30 WIB

Pendampingan UMKM Masuk Ekonomi Digital Makin Masif


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

DATA Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) menunjukkan, baru 13 persen atau sekitar 8 juta pelaku UMKM yang memanfaatkan platform digital dalam proses bisnisnya. Sedangkan 87 persen lainnya masih menjalankan usaha secara offline. 

Sementara pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat perubahan pada pola konsumsi masyarakat yang semakin nyaman untuk menggunakan platform daring atau online. Hal itu pun disadari oleh platform perdagangan elektronik (e-commerce) Blibli yang bertekad membantu UMKM go digital lewat gerakan #PejuangLokal.

"Blibli menyediakan ekosistem menyeluruh untuk terus mendukung pengembangan UMKM Indonesia. Melalui platform yang dimiliki oleh Blibli dapat mendorong terciptanya peluang pasar baru dan pasar yang lebih luas bagi seluruh pelaku UMKM yang tergabung di Blibli,” kata Andreas A. Pramaditya, Vice President Galeri Indonesia Blibli dalam diskusi virtual, Jumat (14/8). 

Gerakan Pejuang Lokal mengajak para pelanggan untuk turut berjuang dengan membeli produk-produk UMKM. Di sisi lain pelaku UMKM juga memiliki peran sebagai Pejuang Lokal dalam menyediakan produk lokal dengan kualitas terdepan agar dapat terus mengembangkan bisnisnya.

Baca juga : Pulihkan KUMKM, Kemenkop UKM Bersinergi dengan Kemen BUMN

Lebih lanjut inisiatif Pejuang Lokal ini juga diwujudkan dalam rangkaian kegiatan yang terdiri dari menyediakan kurasi produk lokal pilihan untuk memudahkan pelanggan membeli produk-produk UMKM, TikTok Challenge Pejuang Lokal untuk menumbuhkan rasa cinta produk lokal di kalangan generasi milenial, serta terus menjalankan program pendampingan bagi para pelaku UMKM di tengah pandemi. 

Gerakan Pejuang Lokal merupakan bagian dari kampanyr Karena Lokal Nomor 1 yang digaungkan Blibli. Dalam kampanye tersebut, Blibli mendorong transformasi digital lebih cepat bagi pelaku UMKM. Di sisi lain, sejumlah kegiatan yang melibatkan UMKM pun digelar. Contohnya gerakan Festival Mie Online yang berkolaborasi dengan Tirta Lie. 

Andreas menjelaskan, inisiatif Pejuang Lokal juga jadi salah satu sarana pihaknya membantu pemerintah untuk terus menggerakkan ekonomi Indonesia melalui UMKM. 

“Blibli mengajak seluruh pelanggan dan seluruh masyarakat untuk Bersama-sama menjadi Pejuang Lokal dengan membeli produk UMKM Indonesia. Kami juga mengajak para pelaku UMKM agar dapat terus beradaptasi di situasi saat ini agar dapat terus mengembangkan usahanya dengan bersinergi secara online.” Tutup Andreas. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT