14 August 2020, 21:00 WIB

Tak Disebut di RAPBN, Proyek IKN Tetap Diperhatikan


Despian Nurhidayat | Ekonomi

KENDATI dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) tidak disinggung proyek ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur, namun pemerintah tetap menaruh perhatian pada proyek itu.

"Ibu Kota Negara masih proyek yang sifatnya standby," ungkap Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa dalam konferensi pers secara daring, Jumat (14/8).

Suharso memastikan, pada tahun ini pemerintah akan tetap menyelesaikan masterplan dan detail plan proyek IKN. Selain itu, beberapa pembangunan fisik juga tetap disiapkan.

"Kegiatan sifatnya infrastruktur dasar tetap disiapkan khususnya terkait Samarinda dan Balikpapan," ujarnya.

Baca juga : Defisit Lebih Rendah, Ini Postur RAPBN 2021

Sebelumnya, Suharso menyebut tidak ada pembangunan ibu kota negara (IKN) baru selama pandemi covid-19. Saat ini, progres IKN di Kalimantan Timur baru sebatas kajian saja.

Suharso mengakui proyek IKN sempat menjadi isu panas di tengah pandemi. Hal yang paling banyak dibahas ialah terkait prospek kelanjutan proyek tersebut.

“Saya tegaskan, terkait hal yang lagi hot issue, yaitu IKN dilanjut apa enggak, dalam kondisi ini kita tidak ada pemikiran untuk memulai pembangunan fisik," pungkas Suharso tanggal 5 Maret 2020 lalu. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT