14 August 2020, 17:31 WIB

Anggaran Bansos Naik Signifikan, NasDem: Pastikan Tepat Sasaran


Cahya Mulyana | Ekonomi

ANGGOTA Komisi VII DPR asal Fraksi NasDem Nurhadi mengapresiasi program bantuan sosial (bansos) yang akan dikucurkan pemerintah sesuai nota keuangan. Sudah tepat pemerintah menggerakan ekonomi lewat sektor fundamental.

"Saya kira perlu didukung dan apresiasi terhadap kebijakan anggaran ini. Pandemi ini belum selesai sehingga stimulus perlindungan sosial melalui program Bansos, PKH dan Sembako masih relevan dan dibutuhkan," katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8).

Menurut dia, perhatian pemerintah sangat baik bagi keberlangsungan masyarakat bawah berikut memacu daya beli. Bahkan anggaran stimulus yang akan dikucurkan meningkat dari tahun ini sebesar Rp203,9 triliun menjadi Rp419 triliun di 2021.

Ia pun meminta pemerintah memastikan realisasinya sesuai dengan target berikut mengantisipasi penyelewengan atau kebocoran anggarannya. "Hanya saja pemerintah harus lebih memastikan efektifitasnya, serta harus tepat sasaran. Mudah mudahan ini ikhtiar kita bersama dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," pungkasnya.

Sebelumnya, Joko Widodo menegaskan bahwa program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akan berlanjut pada tahun 2021. Hal tersebut terlihat dari anggaran untuk program PEN yang dialokasikan dalam RAPBN (Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara) tahun 2021 sebesar Rp356,5 triliun.(OL-4)

BERITA TERKAIT