14 August 2020, 17:28 WIB

Selamat, 167.653 Calon Mahasiswa Baru, Lulus SBMPTN 2020


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

LEMBAGA Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 secara daring pada hari ini, Jumat (14/8) pukul 15.00. Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi di 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia yakni sebanyak 167.653 orang atau 23,87 persen dari total pendaftar 702.420 orang.

Dari peserta yang dinyatakan lulus, terdiri atas peserta non-KIP Kuliah sebanyak 123.099 orang atau 22,53 persen dan peserta pemilik nomor pendaftaran KIP Kuliah sebanyak 44.554 orang atau 28,55 persen.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2020 telah berlangsung dengan aman tanpa kendala berarti meski digelar di tengah pandemi covid-19. Dia pun mengapresiasi kerja keras seluruh panitia penyelenggara hingga pelaksanaan ujian bisa diselesaikan dengan baik.

“Kita ucapkan selamat bagi yang diterima dan bagi yang belum diterima, tentu jangan patah semangat karena SBMPTN bukan satu-satunya jalur untuk masuk ke perguruan tinggi dan juga masih banyak kesempatan belajar di perguruan tinggi baik di swasta maupun di program-program yang lain,” kata Nizam dalam konferensi pers, Jumat (14/8).

Lebih lanjut, Nizam berharap para calon mahasiswa yang lulus seleksi dapat mengembangkan potensi dan meraih prestasi di perguruan tingginya masing-masing. Sedangkan bagi para peserta yang belum diterima dia meminta agar tidak patah semangat karena masih banyak pintu untuk meraih cita-cita.

Tak lupa, Nizam berpesan kepada Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (MRPTNI) agar dapat mendidik para calon mahasiswa menjadi insan pancasila yang merdeka, sumber daya manusia yang unggul yang mampu membawa kemajuan bangsa dan negara.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LTMPT M Nasih menjelaskan, tingkat keketatan pada SBMPTN 2020 mencapai 1:5 dengan standar deviasi yang relatif kecil.

“Sesungguhnya para peserta memiliki nilai-nilai yang kurang lebih sama, selisihnya mungkin kurang dari 1. Bahkan, tidak jarang ada nilai-nilai yang sama di antara para peserta. Bentuk ini mengindikasikan bahwa kualitas para lulusan termasuk kualitas tes kita ini InsyaAllah cukup valid dan reliable,” tutur Nasih.

Baca juga : Nadiem Ungkap Sekolah Cikal Hibahkan Jargon Merdeka Belajar

Oleh sebab itu, Nasih meminta para peserta yang belum lulus agar tidak berkecil hati, karena selain perbedaan nilai yang tidak terlalu besar, daya tampung SBMPTN memang sangat terbatas sehingga persaingan cukup ketat.

Adapun 10 PTN dengan peminat terbanyak pada SBMPTN 2020 yaitu Universitas Gadjah Mada dengan pendaftar 62.507 orang, Universitas Brawijaya 61.743 orang, Universitas Padjajaran 56.446 orang, Universitas Indonesia 54.897 orang, Universitas Sebelas Maret 51.974 orang, Universitas Diponegoro 51.418 orang, Universitas Pendidikan Indonesia 45.767 orang, Universitas Negeri Yogyakarta 42.592 orang, Universitas Sumatera Utara 41.907 orang, dan Universitas Negeri Jakarta 39.524 orang.

Pengumuman hasil SBMPTN 2020 dapat diakses melalui laman resmi LTMPT: https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id dengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta. Pengumuman hasil seleksi ini juga dapat dilihat pada laman 12 PTN mirror lainnya.

Nasih juga mengingatkan kepada para peserta yang dinyatakan lulus agar melakukan daftar ulang sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN tujuan, karena masih ada proses-proses yang harus dilalui sebelum benar-benar dinyatakan diterima.

“Mohon peserta benar-benar memeriksa terkait dengan waktu misalnya daftar ulang, persyaratannya apa, biayanya berapa, dan seterusnya harus diperiksa dengan benar di laman masing-masing PPTN karena setiap PTN punya peraturan dan persyaratan masing-masing,” tandasnya.

Bagi peserta yang tidak lulus SBMPTN 2020, masih memiliki kesempatan untuk mendaftar jalur mandiri yang persyaratan dan waktunya dapat dilihat langsung di laman masing-masing PTN. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT