14 August 2020, 16:32 WIB

Perguruan Silat Deklarasi Damai Jelang Pilkada


Heri Susetyo | Nusantara

SEBANYAK 17 perguruan silat yang ada di Kabupaten Sidoarjo melakukan deklarasi damai menjelang pilkada serentak, Jumat (14/8).

Deklarasi damai di ballroom Hotel Aston Sidoarjo ini dihadiri pelaksana tugas Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Saifuddin, Kapolresta Kombes Sumardji, dan Komandan Kodim 0816  Letkol M Iswan Nusi. Sementara dari perguruan silat dihadiri sejumlah guru mereka. Seperti dari Persaudaraan Setia Hati Terate, Pagar Nusa, Tapak Suci, IKS, Pencak Organisasi, Perisai Diri, Cakra Sakti, Perisai Sakti, Persaudaraan Rasa Tunggal, Ki Ageng Pandan Alas dan perguruan lainnya. 

Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk silaturahim dan komitmen bersama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Apalagi dalam waktu dekat, Sidoarjo juga salah satu wilayah yang menggelar pilkada. Bahkan sebelum pilkada serentak Desember mendatang, juga ada pemilihan kepala desa serentak namun ditunda. 

Selain perhelatan nasional tersebut, di Sidoarjo juga ada kegiatan pengesahan murid baru perguruan silat. Kegiatan pengesahan diharapkan berjalan lancar tanpa ada peristiwa yang merugikan masyarakat. Seperti yang terjadi di Kabupaten Situbondo pada Senin lalu. 

"Momentum apapun napasnya satu, kita buat Sidoarjo aman dan kondusif," kata kapolresta. 

Kombes Sumardji meminta para ketua atau guru perguruan silat mengajak murid-muridnya untuk ikut menjaga kamtibmas. Para guru diminta memberi pengertian dan pemahaman para siswa untuk mentaati pranata sosial di Sidoarjo. 

Pada kesempatan tersebut Sumardji juga mengajak perguruan silat untuk turut membantu penanganan covid-19. Sebab obat atau vaksin untuk virus korona hingga saat ini belum ada. Caranya dengan mentaati protokol kesehatan mengenakan masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak. 

"Peran sedulur kabeh proaktif membantu pemerintah menangani covid-19 sangat kami hargai," kata Sumardji. 

Sementara Ketua Ikatan Pencak Silat Sidoarjo Bahrul Amiq menambahkan, pihaknya akan selalu mendukung program-program pemerintah. Seperti program penanganan covid-19 hingga upaya menjaga stabilitas keamanan. 

"Kami akan selalu mendukung program pemerintah Sidoarjo demi menjaga kondusifitas," kata Amiq. (J-1)

BERITA TERKAIT