14 August 2020, 15:18 WIB

Tadi Malam, Cagar Alam Wae Wuul Kebakaran 17 Hektare


Palce Amalo | Nusantara

LUAS lahan terbakar di Cagar Alam (CA) Wae Wuul di Kecamatan Komod, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur mencapai 17 hektare.

Cagar alam tersebut terbakar pada Kamis (13/8) malam, namun sampai saat ini belum diketahui sumber api yang membakar areal tersebut. Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT Timbul Batubara mengatakan areal yang terbakar hanya berupa padang savana.

"Petugas melakukan perjalanan selama dua jam pada Kamis malam sebelum tiba di lokasi kebakarn. Di sana ditemukan api telah tersisa sedikit kemudian dilakukan pemadaman dan mopping up, dalam suasana gelap tim meyakini tidak ada penyebaran api lagi," kata Timbul Batubara, Jumat (14/8).

Baca juga : Wabah Chikungunya Serang 45 Orang Warga Cianjur

Menurutnya, perhitungan luas areal terbakar masih dilakukan dan juga mengumpulkan informasi dari masyarakat mengenai musibah kebakaran tersebut.

"Tim juga berkoordinasi dengan aparat desa melakukan pengukuran lahan kepemilihan masyarakat," ujarnya

Timbul Batubara juga menghimbau masyarakat menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan api di sekitar Cagar Alam Wae wuul yang berupa semak belukar, jika ada api, ditambah cuaca panas dan angin kencang dapat menyebabkan api cepat membesar dan menyebar.

Cagar Alam Wae Wuul memiliki luas 1,484,84 hektare merupakan salah satu kawasan suaka alam dengan tipe tutupan lahan sebagian besar berupa savana dan semak belukar mencapai 75 persen, dan sisany sisanya berupa hutan lahan kering sekunder. Kawasan ini merupakan habitat satwa liar komodo, rusa, babi hutan, dan kuda liar. (OL-2)

BERITA TERKAIT