14 August 2020, 14:52 WIB

Belajar Tatap Muka di Tiga SD Purbalingga Disetop


Lilik Darmawan | Nusantara

TIM Gugus Tugas Covid-19 Purbalingga, Jawa Tengah, mencabut izin pembelajaran tatap muka di tiga sekolah dasar (SD) di Desa Kutawis, Kecamatan Bukateja. Pasalnya, ada satu warga desa setempat yang diketahui positif covid-19. Sebagai bentuk antisipasi, SD yang sempat membuka  pembelajaran tatap muka, ditutup kembali.

Kepala Desa Kutawis Habibi mengungkapkan, setelah beberapa hari membuka pembelajaran tatap muka, kini tiga SD yakni SD Negeri 1, 2, dan 3 ditutup kembali.

"Hal ini dilakukan karena ada kasus positif di desa. Oleh karena itu, pembelajaran tatap muka disetop kembali. Sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran," kata Habibi, Jumat (14/8).

Baca juga: Nadiem Izinkan Sekolah Daerah Terpencil Belajar Tatap Muka

Dijelaskan oleh Habibi, pelaksanaan kegiatan belajar tatap muka tersebut sebetulnya telah mengikuti protokol kesehatan. Misalnya, satu ruangan kelas hanya diisi oleh setengah dari kapasitas siswa.

Sementara perihal penutupan, Habibi belum bisa memastikan waktu berakhirnya.

Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purbalingga Agustinus Indradi mengatakan izin pembelajaran sudah dicabut sehingga prosesnya kembali seperti semula.

"Proses belajar kembali dengan sistem daring," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT