14 August 2020, 14:50 WIB

Aspeksindo Komit Bangun Kemaritiman dan Wilayah Pesisir


Media Indonesia | HUT RI

KETUA Umum Asosiasi Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) yang juga menjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud (AGM) menyampaikan sambutannya dalam peringatan hari ulang tahun ketiga Aspeksindo di Jakarta, Senin (10/8).

Kegiatan itu juga dihadiri langsung Dewan Pakar Aspeksindo Rokhmin Dahuri, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Wakil Ketua DPD Nono Sampono, dan sejumlah kepala daerah yang tergabung dalam Aspeksindo.

Selain seremonial ulang tahun, acara tersebut dilanjutkan dengan dengan Aspeksindo Award 2020, Launching Program Aspeksindo Education Scholarship, dan Program One Island One Product.

Saat dimintai konfirmasi usai kegiatan tersebut, Abdul Gafur  mengatakan perayaan HUT ketiga Aspeksindo dan rangkaian kegiatannya itu dilakukan dengan sederhana dan sangat terbatas. Pasalnya, acara itu harus mengikuti protokol kesehatan akibat pandemi virus korona atau covid-19 yang masih melanda.

Namun begitu, di usia yang ketiga atau tergolong masih muda, lanjut AGM, keberadaan Aspeksindo mampu membantu pemerintah pusat untuk menguatkan kemaritiman dan membangun wilayah pesisir.

“Kami yang mengetahui persis wilayah kepulauan dan pesisir bukan hanya dari segi ekonomi yang harus diperhatikan tetapi juga dari segi kesahatan dan pendidikan. Di mana kita mengetahui bersama pendidikan bisa memutus rantai kebodohan dan kemiskinan. Bagaimana kita melihat bangsa kita menjadi besar kalau tidak memiliki ilmu pengetahuan, khususnya untuk masyarakat kita yang ada di kepulauan dan pesisir,” kata AGM.

Ia menambahkan, apa yang telah diprogramkan Aspeksindo benar-benar terwujud khususnya dalam menggali potensi daerah kepulauan dan pesisir beserta peluang investasi yang dapat dioptimalkan dengan baik untuk seluruh daerah yang masuk di dalam keanggotaan Aspeksindo.

Karena Aspeksindo sejatinya terbentuk guna menangani permasalahan di daerah kepulauan dan pesisir, yang mana daeah tersebut memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan pemerintah pusat maupun daerah, salah satunya potensi wisata dan perikanan.

“Banyak potensi yang bisa kita kembangkan ke depan agar wilayah kepulauan dan pesisir dapat terangkat dari sisi pembangunan khususnya peningkatan ekonomi masyarakat. Melalui kegiatan hari ini kami berharap terbangun kerja sama dan harmonisasi antara pemerintah daerah kepulauan dan pesisir yang saling menguntungkan dalam rangka mendukung suksesnya jalan pemerintah daerah yang kuat sehingga mampu terwujudnya Indonesia yang besar dan menjadi poros maritim dunia sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir yang berkeadilan,” lanjutnya.

Selain itu, di hadapan para tamu undangan, Abdul Gafur menyampaikan bahwa Aspeksindo sempat mengunjungi Pulau Malamber di Sulawesi Barat. Kunjungan itu tidak lain ingin melihat kehidupan yang nyata bahwa masih banyak anak-anak di daerah tersebut yang buta huruf. Menurut dia, kondisi itu merupakan pukulan bagi kepala derah selaku penanggung jawab yang diamanahkan masyarakat.

“Alhamdulillah Kementerian Kelautan dan Perikanan sangat welcome kepada Aspeksindo. Insya Allah kami yakin dalam waktu lima tahun ke depan Indonesia dapat mencapai puncak kejayaan yaitu menjadi poros maritim dunia,” ucapnya.

Raih penghargaan
Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meraih penghargaan Aspeksindo Award 2020 sebagai daerah pesisir terbaik dari kategori penguatan daya saing sentra perikanan. Penghargaan yang diberikan Aspeksindo itu bekerja sama dengan KKP.

“Penghargaan ini hanya diraih tiga daerah di Indonesia, dan Bangka Tengah salah satunya meraih itu,” kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, dengan bangga saat berada di Koba, Selasa (11/8).

Ia menjelaskan bahwa penghargaan itu diserahkan dalam acara HUT ke-3 Aspeksindo di Jakarta, Senin. Menurut Saleh, penghargaan Aspeksindo Award 2020 yang diserahkan langsung oleh Menteri Edhy Prabowo sebagai bentuk apresiasi atas kerja nyata yang dilakukan Pemkab Bangka Tengah.

Bupati mengatakan, pemerintah daerah terus mendorong kemajuan sektor kelautan dan perikanan dalam dua tahun terakhir ini. “Pemerintah Kabupaten Bangka Tenga terus melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat pesisir, mengembangkan industri hilir perikanan dan terus menguatkan daya saing sentra perikanan,” katanya.

Saleh menegaskan, pihaknya tidak hanya terus menggali potensi kelautan tetapi juga mengembangkan sektor budi daya ikan air tawar di wilayahnya.

“Tentu saja penghargaan yang diraih ini karena upaya bersama, baik pemerintah maupun masyarakat yang terus bergerak untuk kemajuan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan,” tandas Saleh. (S2-25)

BERITA TERKAIT