14 August 2020, 14:17 WIB

615 Personel Awasi Ancaman di Laut Jelang HUT RI


Reno Reksa | Politik dan Hukum

GUGUS Tempur Laut (Guspurla) Koarmada 1 menggelar apel pasukan pengamanan laut. Apel dipimpin oleh Komandan Guspurla Koarmada 1, Kolonel Dato Rusman, di JICT 2 dengan latar belakang KRI Abdul Halim Perdanakusuma.

Dato Rusman berpesan kepada pasukan untuk serius dalam melakukan pengawasan wilayah perairan Jakarta, Banten, dan Selat Sunda hingga 18 Agustus 2020. Di mana pengawasan laut ini akan melibatkan ratusan personel dari berbagai unsur.

Baca juga: Ini 12 Laman Mirror yang Umumkan Hasil SBMPTN 2020

"Dalam pengamanan laut jelang HUT ke-75 RI, kami kerahkan 615 pasukan dari berbagai unsur termasuk dari 5 unit KRI, Satkopaska, Marinir, dan lainnya. Semua pasukan harus mewaspadai segala potensi ancaman oleh beberapa kelompok tertentu," ucap Dato Rusman kepada awak media di Jakarta International Container Terminal 2, Jumat (14/8).

Baca juga: Ini Seruan Resmi Anies Soal Kegiatan HUT RI

Dia juga meminta setiap komandan grup untuk rutin memberikan laporan di masing-masing setiap 12 jam sekali.

"Sampai 15 Agustus pukul 23.59 WIB, laporannya 12 jam sekali. Tapi mulai 16 Agustus, saya minta setiap komandan grup untuk melaporkan situasi setiap 4 jam sekali," imbuh Dato.

Pengamanan laut jelang peringatan kemerdekaan dirasa penting untuk menjaga keutuhan Negara Indonesia yang juga terdiri dari wilayah perairan. (X-15)

BERITA TERKAIT