14 August 2020, 14:00 WIB

Die Roten Bullen Ukir Sejarah


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

RB Leipzig secara dramatis menyegel tiket semi-final Liga Champions seusai menumbangkan Atletico Madrid pada babak perempat-final di Lisbon, Jumat (14/8) dini hari WIB.

RB Leipzig sukses mencatatkan sejarah klub dengan lolos ke semi-final hanya dalam kurun waktu 11 tahun sejak klub itu berdiri. Leipzig menyisihkan Atletico yang juga dalam misi lolos tiga kali ke final dalam enam tahun terakhir.

Leipzig membuka keunggulan melalui tandukan Dani Olmo di awal babak kedua dan disamakan oleh penalti Jaoai Felix dua puluh menit jelang laga usai.

Dua menit jelang waktu normal, Tyler Adams menjadi pahlawan setelah sepakan kerasnya yang berubah arah bersarang di gawang Jan Oblak dan membawa pasukan Julian Nagelsmann melawan Paris Saint-Germain di semi-final.

"Saya ingin memberi energi dari bangku cadangan. Saya bukan pencetak gol, tapi saya bangga membuat gol yang penting di Liga Champions. Sekarang kami bersemangat untuk semi-final melawan PSG. Mereka tim kuat dan kami tak sabar menunggu laga itu," kata Adams, dilansir dari situs resmi klub.

Baca juga: Ingin Singkirkan Oezil, Arseal Siap Bayar Sisa Kontrak

Kemenangan bersejarah ini tak bisa dilewatkan tanpa tangan dingin Julian Nagelsmann. Pelatih berusia 33 tahun itu sukses meracik strategi dan taktik yang ampuh menaklukkan pertahanan solid Atletico serta menciptakan serangan mematikan.

Nagelsmann membuat Leipzig mendominasi laga dengan penguasaan bola hingga 57% dan 10 kali percobaan tepat sasaran.

Lebih dari itu, Nagelsmann juga patut diacungi jempol mampu lolos saat kehilangan top skor klub Timo Werner yang hijrah ke Chelsea. Werner merupakan tulang punggung tim musim ini dengan torehan 34 gol.

"Kami bahagia dan bangga dengan pemain. Kami lebih baik dari tim yang berpengalaman. Serangan kami hari ini sangat berbeda, kami menciptakan banyak peluang, sedangkan Atletico tidak," kata Nagelsmann.

Sebagai tim debutan di fase gugur Liga Champions, Leipzig akan menghadapi PSG yang di laga lain juga melewati tim debutan lainnya, Atalanta. Nagelsmann mengaku tak gentar dengan nama besar yang dimiliki tim ibu kota Prancis itu, yaitu Neymar dan Kylian Mbappe.

"PSG adalah tim top dengan pelatih berkualitas. Kita melihat laga melawan Atalanta. Mereka memiliki skuad penuh bintang. Kami akan memberikan 100% dan datang dengan motivasi tinggi," kata Nagelsmann. (OL-14)

BERITA TERKAIT