14 August 2020, 13:26 WIB

Wagub Ungkap Warga Pondok Kelapa Sukarela Pasang Wifi Gratis


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta mengungkap warga Kelurahan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, memasang wifi secara gratis bagi siswa yang sedang menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dalam akun instagram @bangariza, disebutkan Ketua RT 013/RW 02 Kelurahan Pondok Kelapa Agus Sugianto menuturkan penyediaan wifi gratis itu membantu para pelajar yang kesulitan dalam akses internet untuk sekolah jarak jauh selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

Di sana, tersedia empat wifi berkapasitas 30-75 Mbps (megabits per second). Pemasangan akses internet didapat dari kas RW dan donatur. Penyediaan wifi gratis dari inisiatif warga setempat untuk membantu siswa yang tak mampu membeli kuota internet.

Baca juga: Pemkot Jakbar Bakal Ajukan Anggaran untuk Wifi Gratis

Warga di RT 013/RW 02 Kelurahan Pondok Kelapa juga membantu memasang tenda bagi siswa yang memanfaatkan layanan wifi gratis tersebut.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PAN Zita Anjani mengkritik sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang memberatkan warga. Masalah kuota internet dan bahkan tidak memiliki ponsel jadi momok utama di masyarakat.

Zita menceritakan salah seorang ibu rumah tangga bernama Eka Purwati, merasakan beban pendidikan selama pandemi. Dalam sehari, orangtua bisa menghabiskan Rp50 ribu hanya untuk membeli kuota agar anaknya bisa belajar jarak jauh atau melalui daring. Artinya, dalam 1 bulan membutuhkan Rp1-1,5 juta untuk kuota internet. Belum termasuk kebutuhan makan minum dan bayar kontrakan.(OL-5)

BERITA TERKAIT