14 August 2020, 13:09 WIB

Trump akan Jamu Pemimpin UEA dan Israel di Gedung Putih


Basuki Eka Purnama | Internasional

PEMIMPIN Israel dan Uni Emirat Arab (UEA) akan menandatangi kesepakatan damai bersejarah mereka di Gedung Putih, tiga pekan dari sekarang. Hal itu diungkapkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Kamis (13/8).

Trump, dalam konferensi pers yang digelar beberapa jam setelah kesepakatan damai antara Israel dan UEA diumumkan, memuji Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan penguasa UEA Sheikh Mohamed bin Zayed AL-Anhyang sebagai partner yang luar biasa yang memiliki visi dan kepemimpinan yang apik.

"Saya tidak sabar menerima mereka di Gedung Putih dalam waktu dekat untuk secara resmi menandatangani kesepakatan itu," ujar Trump.

Baca juga: Palestina Sebut Kesepakatan Damai Israel dan UAE Pengkhianatan

"Kita akan melakukan hal itu kurang lebih tiga pekan dari sekarang," imbuhnya.

Pertemuan itu membangkitkan kenangan mengenai penandatangan kesepakatan damai Timur Tengah di AS termasuk Kesepakatan Oslo pada 1993 yang mempertemukan mendiang PM Israel Yitzhak Rabin dan mendiang pemimpin Palestina Yasser Arafat di Washington.

Presiden AS Jimmy Carter juga menjadi tuan rumah penandatanganan Kesepakatan Camp David antara Presiden Mesir Anwar Sadat dan pemimpin Israel Menachem Begin pada 1978. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT