14 August 2020, 12:55 WIB

DPR Berharap Jokowi Beri Solusi Hadapi Ancaman Resesi


Cahya Mulyana | Ekonomi

KONDISI bangsa yang tengah terancam badai dari dampak virus korona sudah diketahui setiap anak bangsa. Anggota DPR Maman Imanulhaq berharap akan ada solusi dalam pidato tahunan Presiden Joko Widodo yang dibacakan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8).

"Saya rasa presiden harus menekankan tentang pentingnya kita membangun gotong royong dan optimisme kita menghadapi pandemi ini. Kita tidak boleh muluk-muluk menargetkan pertumbuhan ekonomi karena jelas sudah minus 5%, yang perlu ditekankan adalah karakter bangsa lebih kuat, disiplin, membumikan ketahanan pangan," katanya.

Menurut dia, pemerintah mesti mendorong ketahanan pangan dapat terwujud segera berikut UMKM. Kedua sektor itu sangat penting menjadi perhatian pemerintah saat ini supaya bangsa ini tidak kelaparan dan dapat melewati ancaman resesi.

"Nah itu yang harus ditekankan pemerintah dengan menakankan perhatian pada petani juga masyarakat lain dengan menguatkan UMKM. Yang perlu diselesaikan adalah konflik agraria, perhatian terhadap nasib petani dan pelaku UMKM," tegasnya.

Ia mengatakan, masyarakat juga perlu membantu pemerintah untuk melewati cobaan ini dengan terus menjaga optimisme, membumikan tani mandiri di lingkungan masing-masing. "Gelorakan juga nilai gotong royong yang sempat tergerus olek akibat perbedaan pandangan politik. Mari saling mengingatkan dan menghargai termasuk menjalankan protokol kesehatan. Nilai gotong royong selain menghargai orang lain juga diri sendiri," pungkasnya. (H-2)

BERITA TERKAIT