14 August 2020, 12:16 WIB

Harapan Menpora Pada Peringatan Hari Pramuka Ke-59


Media Indonesia | HUT RI

MENTERI Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menyampaikan harapannya pada Peringatan Hari Pramuka ke-59. Ia berharap anggota pramuka Indonesia untuk terus berperan aktif menyampaikan rasa optimis kepada masyarakat saat pandemi covid-19 yang masih melanda Tanah Air.

"Kita harus tetap waspada, menjaga diri dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Gunakan masker jika beraktivitas di luar, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, minum vitamin, dan jangan lupa untuk berolahraga agar tubuh tetap bugar," kata Menpora.

Zainudin mengutarakan, keluarga besar pramuka juga harus bisa menjadi garda terdepan dalam menyampaikan pesan-pesan baik kepada masyarakat. Anggota pramuka harus mampu membangkitkan rasa optimisme dengan tujuan agar seluruh lapisan masyarakat tetap aktif dan produktif.

"Anggota pramuka harus bisa membangkitkan rasa optimis di tengah masyarakat. Menjadi gerakan terdepan untuk menyampaikan pesan-pesan baik, dengan tujuan keadaan menjadi sejuk, tenang, dan tetap beraktivitas di tengah pandemi," ujar Menpora.

Di samping itu, ia juga mengajak anggota pramuka untuk memiliki kepedulian nasional dengan mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli, dan saling berbagi.

Lebih jauh, Menpora juga meminta seluruh anggota Gerakan Pramuka Indonesia untuk menjadi pelopor. Menurut dia, pramuka memiliki peran yang sangat besar untuk pengembangan generasi yang akan datang serta membawa masyarakat menjadi semakin maju.

"Pramuka adalah generasi muda untuk kemajuan bangsa. Saling menghargai dan saling membantu adalah sikap dari pramuka. Terima kasih pramuka Indonesia, yang turut bersinergi dalam penanggulangan covid-19," jelas
Menpora.

Tahun ini, Peringatan Hari Pramuka ke-59 dilangsungkan secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (12/8). Pada kesempatan itu, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan amanatnya kepada anggota pramuka. Menpora Zainudin Amali turut hadir mendampingi presiden dan mengamini amanat tersebut.

Sementara, Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso beserta para peserta upacara lainnya mengikuti kegiatan melalui konferensi video. Seluruh rangkaian tersebut menerapkan protokol kesehatan. (S1-25)

BERITA TERKAIT