14 August 2020, 12:00 WIB

Jokowi: Regulasi Tumpang Tindih, Rumit, Menjebak, Harus Disudahi!


Hilda Julaika | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo meminta agar regulasi yang menyulitkan ekosistem ekonomi nasional harus segera diputus. Terutama berkaitan dengan perluasan kesempatan kerja bagi generasi muda Indonesia melalui pembangunan kawasan industri di daerah.

“Penataan regulasi harus kita lakukan. Regulasi yang tumpang tindih, yang merumitkan, yang menjebak semua pihak dalam risiko harus kita sudahi,” tegasnya saat menyampaikan Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (14/8).

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk memprioritaskan perekonomian nasional yang adil bagi kepentingan rakyat. Baik untuk kepentingan yang sudah bekerja, kepentingan bagi yang sedang mencari kerja serta dalam upaya mengentaskan kemiskinan.

“Dengan menyediakan kesempatan kerja yang berkualitas seluas-luasnya. Kita ingin semua harus bekerja. Kita ingin semua sejahtera,” imbuhnya.

Baca juga:  Presiden Ingatkan Kerja Cepat Salurkan Bansos

Pemerintah diketahui tengah membangun sejumlah kawasan industri di daerah yang bersinergi dengan kewirausahaan rakyat. Sehingga bisa mendorong adanya penyediaan kesempatan kerja bagi generasi muda yang belum bekerja. Serta dalam upaya meningkatkan pemerataan pembangunan di seluruh nusantara.

Salah satu kawasan yang tengah dikembangkan tersebut adalah Kawasan Industri Batang serta Subang- Majalengka sedang dikembangkan dalam waktu singkat. Kawasan industri dirancang untuk mampu mengundang investasi berkualitas yang bersinergi dengan UMKM hingga memberikan nilai tambah signifikan untuk perekonomian nasional serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.(OL-5)

BERITA TERKAIT