14 August 2020, 08:34 WIB

Andreescu Putuskan tidak Pertahankan Gelar AS Terbuka


Basuki Eka Purnama | Olahraga

JUARA bertahan Amerika Serikat (AS) Terbuka Bianca Andreescu, Kamis (13/8), mengatakan dirinya tidak akan mempertahankan gelarnya dengan alasan pandemi covid-19 membuat dia tidak bisa mempersiapkan diri secara optimal.

Petenis Kanada berusia 20 tahun yang mengalahkan Serena Williams di laga final pada tahun lalu mengatakan dirinya memutuskan untuk berkonsentrasi memulihkan kondisi fisiknya.

Keputusan Andreescu itu membuat AS Terbuka tahun ini, yang akan mulai berlangsung pada 31 Agustus mendatang, tidak akan menampilkan juara putra dan putri setelah Rafael Nadal memutuskan absen karena khawatir dengan penyebaran covid-19 di AS.

Baca juga: Kalahkan Venus, Serena Makin Pede Tampil di AS Terbuka

"Setelah berdiskusi dengan orang-orang terdekat saya, saya mengambil keputusan sulit untuk tidak kembali ke New York pada tahun ini," Andreescu lewat media sosial.

"Saya memutuskan hal ini agar bisa fokus pada kebugaran saya dan memastikan saya kembali bermain dalam kondisi puncak," imbuhnya.

Petenis putri lain yang juga absen di AS Terbuka adalah petenis peringkat satu dunia asal Australia Ashleigh Barty dan petenis peringkat lima asal Ukraina Elina Svitolina.

Serena Williams yang tinggal membutuhkan satu gelar juara lagi untuk menyamai rekor 24 gelar Grand Slam yang diraih Margaret Court telah memastikan diri tampil di Flushing Meadows.

Di AS Terbuka tahun lalu, Williams menyerah 6-3 dan 7-5 dari Andreescu di laga final.

"Menjadi juara AS Terbuka pada tahun lalu adalah titik tertinggi dalam karier saya sejauh ini. Saya kecewa tidak bisa hadir di sana," ujar Andreescu.

"Namun, saya menyadari ada tantangan yang tidak bisa diprediksi, termasuk pandemi covid-19, telah menyebabkan saya tidak bisa mempersiapkan diri secara maksimal," ungkapnya.

Posisi Andreescu di AS Terbuka akan digantikan oleh petenis Belarus Olga Govortsova. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT