13 August 2020, 21:12 WIB

Kanal Penjualan Online Makin Dilirik Peritel Di Tengah Pandemi


Ghani Nurcahyadi | Teknologi

PANDEMI Covid-19 membuat perubahan dalam pola konsumsi masyarakat. Jalur perdagangan daring (online) semakin diminati karena imbauan untuk tetap di rumah selama pandemi. Menurut lembaga data ADA Indonesia, penggunaan aplikasi belanja online meningkat pesat hingga 300% sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pemilik jenama (brand) yang sebelumnya mengandalkan penjualan di toko, kini harus dengan cepat beralih ke platform online untuk bisa mempertahankan performa bisnis dan terus menjalin interaksi dengan konsumen mereka. 

Melihat fakta tersebut, perusahaan e-commerce enabler, Sirclo melakukan merger dengan penyedia solusi teknologi e-coomerce, Icube menghadirkan solusi membantu lebih banyak usaha mirko, kecil, dan menegah (UMKM) dan brand yang membutuhkan transformasi digital dengan solusi omnichannel (model penjualan lintas jalur) yang efektif.

Solusi yang diberi nama Swift itu menyajikan layanan teknologi untuk memenuhi kebutuhan e-commerce secara omnichannel. SWIFT by SIRCLO merupakan platform-as-a-service (PAAS) yang menangani tiga komponen esensial untuk penggunanya, yakni software, infrastruktur teknologi, dan personalisasi website.

Dirancang khusus bagi bisnis berskala menengah, Swift by Sirclo merupakan platform satu-untuk-semua, yang memudahkan brand untuk menjalankan semua kegiatan jual-beli online, menawarkan pengalaman belanja yang lebih baik bagi para konsumen, hingga menyediakan fitur penjualan lengkap yang telah terintegrasi dengan pihak ketiga. 

Cheif Technology Officer (CTO) Sirclo Muliadi Jeo menjelaskan, platform tersebut dapat mengakselerasi perkembangan bisnis omnichannel digital untuk setiap brand.

"Hanya dalam waktu empat minggu, kini setiap brand dapat menjalankan platform e-commerce mereka dengan dukungan lebih dari 20 metode pembayaran dan 30 mitra logistik yang siap digunakan. Swift merupakan salah satu cara kami untuk mengubah tantangan di masa pandemi ini menjadi kesempatan yang baik bagi para klien Sirclo,” kata Muliadi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/8).

Baca juga : Accenture dan Google Cloud Bantu Merek Jadi Relevan di Pasar

Layanan Swift by Sirclo mengintegrasikan berbagai elemen dalam ekosistem bisnis ritel. Misalnya, dengan fitur customer loyalty, brand bisa memberikan reward pada konsumen secara konsisten, di manapun konsumen melakukan pembelian.

Dengan produk SWIFT Omnichannel, kini sistem penjualan online dan offline klien dapat terhubung secara seamless, salah satunya dengan fitur POS (Point of Sales) maupun membership yang terintegrasi, sehingga meningkatkan kepuasan pengalaman berbelanja konsumen.

Selain itu, CEO Sirclo Biran Marshall melihat adanya pergeseran pola tingkah laku konsumen ketika berbelanja online, dimana mereka kini pelan-pelan beralih ke smartphone untuk melakukan pembelian. Fenomena pembelian langsung dari aplikasi atau smartphone ini disebut dengan m-commerce (mobile commerce).

Menurut proyeksi dari Statista, pada 2021, sebanyak 73% dari total penjualan online akan berasal dari m-commerce. Karena itu, setiap brand di Indonesia harus memastikan bahwa website atau aplikasi penjualan mereka mudah diakses dan dinavigasikan secara mobile.

"Untuk menjawab tingginya kebutuhan terhadap mobile-friendly website, platform Swift by Sirclo pun menggunakan teknologi terkini seperti Progressive Web Apps dan Native Mobile Apps," jelasnya 

Hingga kini, lebih dari 30 brand ternama di Indonesia telah merasakan manfaat canggih platform omnichannel Swift. Misalnya, untuk supermarket online khusus bahan bangunan, Mitra 10, teknologi Swift digunakan untuk membuat website lengkap yang disertai dengan informasi stok produk di setiap toko, sehingga pembeli bisa langsung memilih toko mana yang dapat mereka kunjungi.

Sementara itu, Hush Puppies membutuhkan website e-commerce dalam jangka waktu yang pendek. Berkat teknologi Magento dan Swift, berhasil diluncurkan website Hush Puppies di dua negara, Indonesia, dan Singapura, hanya dalam waktu kurang dari delapan minggu. 

“Kami percaya bahwa industri e-commerce dan penjualan online akan senantiasa berubah. Karena itu, SIRCLO terus memperluas layanan agar dapat membantu semakin banyak brand dan UMKM di Indonesia untuk sukses berjualan secara online dan mempercepat kemajuan ekonomi digital di negara ini,” ujar Brian.  (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT