13 August 2020, 17:45 WIB

Museum Korps Marinir di Sidoarjo Diperkenalkan


Heri Sustyo | Humaniora

ADA museum baru di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur yaitu Museum Korps Marinir (MKM). Perkenalan museum yang terletak di Kesatrian Marinir Moekijat Mako Pasmar 2 Kecamatan Gedangan, dilakukan oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono didampingi Ketua PG Jalasenastri Kormar Eta Suhartono, Kamis 13/8).

Soft launching MKM ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dankormar. Selanjutnya pemotongan pita oleh Ketua PG Jalasenastri Kormar. Soft launching MKM juga dihadiri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi dan sejumlah pejabat lain.
 
Di MKM ini ada lima taman tematik yang yang masing-masing memiliki ciri khusus sesuai dengan nama kecabangan di korps marinir. Antara lain Infanteri Park, Kavaleri Marinir, Artilery Garden, Menbanpur, dan Intai Amfibi Marinir.

Di taman tersebut dipajang aneka kendaraan militer dan alat utama sistem senjata (alutsista) milik TNI jaman dulu. Seperti tank, meriam, dan alutsista lain. Bahkan di antara alutsista ini ada yang buatan tahun 1932.

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono mengatakan, MKM ini didirikan sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan serta mengenalkan sejarah pada generasi bangsa. Seperti dikatakan para pendahulu, kata dankormar, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya, bangsa yang mengenal sejarahnya.

"Ketika anak muda tidak mengenal sejarahnya, dia tidak punya pegangan dalam menumbuhkan nilai patriotisme nasionalisme," kata Dankormar Suhartono.
 
Dankormar menambahkan, museum ini untuk melengkapi dari museum-museum yang ada di Jatim. Sehingga generasi muda ke depan mengenal lebih jauh dan luas tentang nilai-nilai dari perjuangan para pendahulu bangsa. Mulai dari zaman perebutan kemerdekaan, revolusi untuk mempertahankan kemerdekaan hingga perjalanan bangsa ini yang penuh dinamika. "Marinir menjadi bagian komponen bangsa yang ikut mengawal perjalanan bangsa ini," kata Dankormar.
 
Wagub Jatim mengapresiasi berdirinya MKM ini, karena sangat penting untuk sarana pembentukan karakter generasi muda. MKM tidak sekadar sarana hiburan, melainkan juga wisata edukasi. MKM ini juga dinilai kekinian atau instagramable karena banyak spot yang keren untuk foto. "Mudah-mudahan ini menjadi satu ikon bagi Jawa Timur, ingat Jawa Timur juga ingat Museum Korps Marinir," kata Emil.

Di lokasi MKM ini juga ada tempat olahraga paintball atau tembak-tembakan ala tentara. Soft launching MKM ini sendiri diawali dengan atraksi/demonstrasi olahraga paintball.

Setelah demonstrasi saling adu tembak dua tim paintball, dankormar bersama wagub dan sejumlah petinggi TNI AL juga ikut menampilkan kemahiran menembak sasaran. Dankormar terlihat sudah mahir menembak dan sejumlah tembakannya mengenai sasaran. Sementara wagub Jatim masih kaku dan harus dipandu anggota TNI AL. (OL-13)

BERITA TERKAIT