13 August 2020, 13:15 WIB

Babel Mulai Terapkan KBM Tatap Muka Dengan Pola Gas dan Rem


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

KEGIATAN Belajar Mengajar (KBM) jenjang SMA/SMK di Provinsi Bangka Belitung (Babel) dengan protokol kesehatan dimulai hari ini, Kamis (13/8). Untuk mengawasi KBM tatap muka tersebut Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Babel menerapkan pola gas dan rem. Ketua Sekretariat Pusdalops GTPP Covid-19 Babel, Mikron Antariksa mengatakan pihaknya sudah menyetujui dimulainya kembali KBM tatap muka untuk jenjang pendidikan SMA/SMK.

"Untuk mengawasi KBM tatap muka ini, kami menerapkan pola gas dan rem. Gas di sekolah berarti dipersilahkan melaksanakan KBM tatap muka asalkan mematuhi protokol kesehatan covid-19. Sedangkan rem apabila jumlah kasus terkonfirmasi positif covd-19 di kabupaten/kota untuk melaksanakan KBM tatap muka meningkat. Maka kami bisa menghentikan KBM tatap muka dan diganti dengan belajar daring," jelas Mikron, Kamis (13/8).

Mikron meminta sekolah untuk tegas terhadap siswa yang melanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak.

"Jika ada siswa tidak menggunakan masker, pihak sekolah silahkan suruh siswa tersebut pulang mengambil masker. Kalau untuk sekolah hasil monitoring kita protokol kesehatan semua sudah di persiapkan," ujarnya.

baca juga: Hanya Guru Berusia Maksimal 45 Tahun Boleh Sekolah Tatap Muka

Untuk mengontrol apakah Protokol kesehatan covid-19 sudah dijalankan para siswa atau tidak di sekolah, pihaknya berencama akan kerja sama dengan ekstrakulikuler di sekolah seperti Pramuka dan PMR.

"Nanti Pramuka dan PMR ini akan dilibatkan mengontrol dan mengawasi seluruh siswa, agar mereka tetap patuh menjalani protokol kesehatan covid-19," ucap Mikron.(OL-3)

BERITA TERKAIT