12 August 2020, 22:00 WIB

Dukung UMKM Kuliner Lokal, Blibli Gelar Festival Mie Online


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

PERTUMBUHAN bisnis kuliner lokal, terutama skala usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perlu mendapat dukungan untuk terus berkembang. Hal itu pun disadari platform perdagangan elektronik Blibli yang menggelar Festival Mie menggandeng pecinta kuliner Tirta Lie. 

Senior Vice President of Merchant Sales, Development, & Operations Blibli Geoffrey L. Dermawan mengatakan, festival itu merupakan upaya Blibli untuk mendorong pertumbuhan bisnis pelaku UMKM khususnya di industri kuliner yang terkena imbas dari pandemi Covid-19. 

"Walaupun saat ini masih banyak sekali batasan untuk datang ke restoran, hal ini jangan sampai menghalangi pelanggan menikmati makanan yang enak dan berkualitas. Di sini peran e-commerce menjadi esensial untuk mempertemukan kebutuhan pelanggan dengan produk berkualitas dari mitra seller,” ujar Geoffrey dalam keterangan tertulisnya. 

Dalam festival yang berlangsung 12-31 Agustus itu, lebih dari 101 restoran dan lebih dari 1.000 menu disiapkan. Restoran yang dipilih di kurasi oleh Tirta Lie yang dikenal karena reviewnya soal Mie. Festival Mie Online bisa diakses dalam ikon khusus di aplikasi dan situs Blibli. 

Demi menjaga kualitas makanan, para pelaku restoran ini telah menyiapkan menu frozen yang bisa pelanggan siapkan dan sajikan dengan mudah di rumah masing-masing. Selain memastikan kualitas makanan terjaga saat sampai ke tujuan, pelanggan bisa merasa lebih nyaman juga dengan kebersihan penyajian. 

Baca juga : Industri Kuliner akan Bertahan dengan Jeli Menciptakan Pasar

Selain itu terdapat juga restoran yang akan menyiapkan menu siap saji yang akan didukung oleh layanan pengiriman instan. Layanan pengiriman ini didukung dengan mekanisme contactless shipping pada saat pengiriman ke tangan pelanggan.

Tirta Lie yang juga pemegang rekor Museum REKOR Dunia Indonesia (MURI) untuk makan 1.000 mangkuk Mie dengan jenis berbeda itu mengatakan, sebelum pandemi, festival Mie banyak diselenggarakan di sejumlah tempat. 

'Dengan perubahan perilaku konsumen Indonesia yang beralih ke online di masa pandemi ini, kami melihat peluang besar untuk memanfaatkan platform online. Kami bermitra dengan Blibli karena adanya kesamaan visi, yaitu membantu dan mendorong para UMKM untuk terus bertahan dan juga membantu ekonomi Indonesia terus bergerak,” ujar Tirta.

Untuk menambah kemeriahan festival ini, Blibli juga akan menghadirkan penawaran khusus bagi para pelanggan yang membeli produk mie dari restoran yang telah dikurasi. Penawaran yang diberikan mulai dari ekstra diskon Rp10.000 hingga gratis ongkos kirim. 

Bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan, Festival Mie Online menjadi bagian dari kampanye Blibli untuk mendorong usaha lokal yaitu #KarenaLokalno1. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT