12 August 2020, 21:45 WIB

Industri Kuliner akan Bertahan dengan Jeli Menciptakan Pasar


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PRODUK Domestik Bruto (PDB) Indonesia dari industri makanan dan minuman per triwulan II Tahun 2019 mengalami peningkatan hingga mencapai 7,99%. Sektor yang memberi kontribusi paling signifikan terhadap industri ini ialah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Owner dan founder Gama Food Center, Billy Margono, mengakui bahwa industri makanan dan minuman tetap menggeliat termasuk di masa seperti saat ini. Ia mengatakan agar bisa bertahan di bisnis kuliner dibutuhkan kejelian dalam menciptakan market.

Baca juga: Booming Industri Kuliner, Inovasi Jadi Kunci

"Pecinta kuliner jangan hanya bisa menyalurkan hobinya dengan mencicipi berbagai makanan, tetapi harus bisa menciptakan konsumen," ujar Billy dalam keterangan yang diterima, Rabu (12/8/2020).

Salah satu makanan favorit dia ialah ayam geprek. Berangkat dari kegemarannya tersebut, Billy kemudian berbisnis Ayam Geprek Bossque. "Saya yakin hampir setiap orang menyukai masakan olahan ayam, khususnya ayam geprek ini. Belajar terus, lakukan inovasi, dan revolusi untuk mengembangkan potensi yang sudah ada," ujar Billy.

Billy menambahkan, dirinya tidak hanya berbisnis ayam geprek. Ia bahkan mengawali bisnisnya dengan menciptakan minuman kemasan yang sedang populer kala itu, yaitu Pam-Pam Thai Tea. Usaha tersebut mulai ia rintis setelah lulus dari Australia pada 2017.

Perkembangan bisnisnya yang pesat membuatnya melesat lebih cepat dari yang diduga-duga. Berkat kerja keras dan keuletannya, kini ia memiliki beberapa unit bisnis yang masih berkembang hingga sekarang. Ia mendirikan Gama Food Center yang berlokasi di Jalan Kolonel Tb. Suwandi, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Baca juga: Jakpro Pastikan Sentra Kuliner di Muara Karang Tetap Dominan RTH

Ketangguhannya menghadapi perjalanan bisnisnya yang bertubi-tubi, menjadikan Billy pengusaha kuliner yang sukses diusia muda. Ia pun membagikan pesan yang sangat inspiratif untuk para kaum milenial di akun Instagramnya.

Menurut dia, calon pebisnis baik yang masih kuliah ataupun sudah bekerja jangan pernah menyerah ketika menemui kesulitan. Jangan pula memusingkan kata-kata negatif dari orang lain yang justru meruntuhkan semangat. (RO/A-3)

BERITA TERKAIT