12 August 2020, 16:47 WIB

Auckland Lockdown, Status Bebas Virus Selandia Baru Tercederai


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

Selandia Baru terhuyung-huyung dalam wabah virus covid-19 pertamanya setelah lebih dari tiga bulan bebas dari covid-19. Auckland kembali dikunci alias lockdown.

Jangka waktu 102 hari Selandia Baru tanpa penularan covid-19 berakhir dengan pengumuman, Selasa (11/8). Ada empat kasus baru pada sebuah rumah tangga di Auckland, kota terbesar di negara itu.

Pemerintah sekarang mencoba menghentikan penyebaran virus covid-19 dan menghindari nasib negara seperti Australia, Jepang, dan Vietnam. Tiga negara tersebut pernah berhasil dalam menahan covid-19, tapi kini sedang berjuang melawan kebangkitan virus covid-19.

Baca juga: Lockdown Kurangi Kematian Gajah di Sri Lanka

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengunci Auckland untuk tiga hari dan pihak berwenang mencoba melacak asal infeksi covid-19.

Aturan menjaga jarak sosial dan pembatasan pertemuan telah diberlakukan kembali di seluruh negeri. Ini dapat mengancam pemulihan ekonomi.

Dari empat kemungkinan kasus baru covid-19, dua orang adalah rekan kerja seorang pria yang dinyatakan positif covid-19. Lalu, dua orang lainnya terkait dengan rumah tangga tempat salah satu orang yang terpapar covid-19 tinggal. (Bangkok Post/OL-14)

BERITA TERKAIT