12 August 2020, 15:12 WIB

Banyumas Godok Usulan Pembukaan Pelajaran Tatap Muka


Lilik Darmawan | Nusantara

PEMKAB Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) tengah melakukan kajian terkait usulan proses belajar mengajar tatap muka. Nantinya, kebijakan tersebut bakal difinalisasi pada 18 Agustus mendatang dengan melihat pertimbangan secara komprehensif.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa setiap sekolah wajib mempresentasikan berbagai persiapan terutama protokol kesehatan yang akan diterapkan jika pembelajaran tatap muka dilaksanakan.

‘’Nantinya, kebijakan akan difinalisasi pada 18 Agustus mendatang. Jika memang nantinya keputusannya bisa, misalnya, maka paling cepat masuknya pada 24 Agustus. Tetapi keputusan buka atau tidaknya belum dapat dipastikan,’’¬Ějelas Bupati pada Rabu (12/8).

Baca juga : Empat ASN di Pemda Subang Positif Covid-19

Menurut Bupati, ada sejumlah skenario yang disiapkan. Di antaranya adalah tatap muka, tetapi di tempat terbuka, bukan di ruang kelas. Skenario lainnya adalah guru mendatangi siswa di rumah tertentu, dengan jumlah maksimal lima siswa.

‘’Skenario lainnya adalah pembelajaran di dalam kelas, namun hanya diisi sepertiga dari kapasitas. Jika diterapkan hanya berlaku untuk siswa SD kelas 4, 5 dan 6 serta SMP. Kalau SD kelas 1, 2 dan 3 serta PAUD, belum boleh,’’¬Ěkatanya.

Bupati mengatakan proses pembukaan sekolah harus benar-benar dipersiapkan, jangan sampai malah muncul permasalahan baru. Jika memang belum memungkinkan dibuka, maka kebijakan masih tetap sama seperti sekarang, belajar secara daring. (OL-2)

BERITA TERKAIT