12 August 2020, 00:16 WIB

Waspada, Ada Peringatan Dini Puting Beliung Terjang Jakarta


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini angin kencang atau puting beliung yang menerjang Ibu kota pada Selasa (11/8 dan rabu (12/8)

"Wilayah DKI Jakart berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang atau puting beliung," ungkap BPBD dalam media sosialnya.

BPBD DKI menyebut penyebab angin kencang karena daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Riau hingga Semenanjung Malaya, dari perairan barat Lampung hingga Kalimantan Timur lalu ke Kalimantan Tengah.

Lalu kecepatan angin dari Laut Banda timur Sulawesi Tenggara hingga Teluk Bone, dari Samudera Pasifik utara Papua hingga perairan timur Halmahera, dan dari Papua bagian selatan hingga perairan barat Papua.

Baca juga : Koboi Jalanan di Alam Sutera Berdalih Mau Bubarkan Trek-Trekan

"Kondisi ini dapat memberikan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," terang BPBD.

Selain itu, ada peringatan waspada gelombang laut dengan tinggi mencapai 1.25 hingga 2.50 meter di Laut Jawa bagian Barat.

Untuk kondisi Sinoptik disebutkan, angin di Utara Perairan Jawa bagian Barat umumnya bertiup dari Timur Laut hingga Tenggara dengan kecepatan angin antara 5 - 20 knot. (OL-7)

BERITA TERKAIT