11 August 2020, 14:06 WIB

Pemerintah Perpanjang Diskon Tagihan Listrik Hingga Akhir Tahun


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Ekonomi

PEMERINTAH kembali memperpanjang subsidi tagihan listrik rumah tangga hingga akhir tahun. Langkah itu sebagai bantuan terhadap masyarakat yang terdampak pandemi covid-19.

"Dengan mempertimbangkan beberapa hal, termasuk pandemi, ini (keringanan) sepertinya akan berlanjut. Kami memutuskan untuk memperpanjang hingga akhir 2020," jelas Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/8).

Sebelumnya, kebijakan subsidi tagihan listrik hanya berlaku sampai September ini. Rinciannya, perpanjangan diskon tagihan listrik sebesar 100% kepada pelanggan rumah tangga golongan 450 volt ampere (VA) dan diskon 50% terhadap pelanggan 900 VA.

Baca juga: Disorot Soal Tagihan Listrik, PLN Butuh Restrukturisasi Internal

Pemerintah juga memperbarui data pelanggan. Pada golongan 450 VA, jumlah pelanggan mencapai 24,6 juta. Sedangkan untuk golongan 900 VA, terdapat 7,72 juta pelanggan.

"Kami sudah bahas kira-kira anggaran yang diperlukan pemerintah. Itu kurang lebih Rp 12,18 triliun. Ini sudah disepakati di angka itu, khususnya dengan Kementerian Keuangan," pungkas Rida.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT