11 August 2020, 04:48 WIB

Istana Ajak Warga Jadi Peserta Virtual Upacara HUT RI


Pra/Ant/P-2 | Politik dan Hukum

SEKRETARIAT Presiden meluncurkan situs Pandang Istana dengan alamat https://www.pandangistana.setneg.go.id sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri menjadi peserta virtual peringatan HUT ke-75 RI di Istana Merdeka, Jakarta, pada 17 Agustus 2020.

“Kali ini, Sekretariat Presiden dalam rangka menyambut HUT ke-75 RI berbeda dengan tahun lalu. Kali ini bapak, ibu, kami undang mengikuti
HUT ke-75 RI melalui virtual. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan situs pandang- istana.setneg.go.id,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Setpres) Heru Budi Hartono dalam peluncuran tersebut di Jakarta, kemarin.

Dalam video yang diputar saat peluncuran, dijelaskan bahwa di tengah pandemi covid-19, Istana Merdeka sebagai pusat Peringatan Detik-Detik Proklamasi harus menerapkan prosedur protokol kesehatan.

“Maka itu, undangan, baik pejabat maupun masyarakat, tetap mengikuti upacara secara khidmat melalui video conference,” ujar Heru.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi mengikuti upacara dan penurunan bendera negara di Istana Merdeka secara virtual dapat mendaftar melalui situs tersebut. Sekretariat Presiden memberikan alokasi pendaftaran bagi 17.845 pemohon.

Nantinya pemohon akan diminta mengisi formulir berupa biodata diri, alasan ingin mengikuti upacara secara virtual, dan harus mengunggah kartu identitas.

Pendaftaran telah dibuka mulai kemarin pukul 17:08:45 WIB. “Setelah melakukan pendaftaran, pendaftar akan menerima notifikasi melalui pesan Whatsapp dan surel sebagai tanda bahwa permohonan undangan telah diterima,” ungkap Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yayat Hidayat di Jakarta, kemarin.

Pesan tersebut juga berisi ketentuan mengikuti jalannya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
atau Upacara Penurunan Bendera sang Merah Putih di Istana Merdeka secara langsung melalui konferensi video. Setiap pendaftar akan mendapat satu tautan undangan konferensi video.

“Para pendaftar yang meng ikuti jalannya upacara secara daring tersebut juga akan memperoleh sertifikat elektronik yang dikirimkan melalui surel selepas mengikuti upacara tersebut,” tambah Yayat. (Pra/Ant/P-2)

BERITA TERKAIT