10 August 2020, 21:03 WIB

BMKG: Awan Mirip Tsunami di Aceh hanya Fenomena Alam Atmosferik


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

JAGAT maya dihebohkan dengan fenomena awan mirip gelombang tsunami di Kabupaten Meulaboh Aceh Barat. Bahkan, foto dan video yang memperlihatkan awam pekat itu viral di media sosial twitter, instagram dan kanal youtube.

Menanggapi itu, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan bahwa fenomena awan mirip gelombang tsunami itu hanya fenomena alam atmosferik dan pernah terjadi di sejumlah wilayah.

"Awan keluarga arcus, tapi lebih sering disebut sebagai roll cloud.Tetapi di atlas awan disebut sebagai volutus," kata Daryono dalam keterangannya, Senin (10/8).

Baca juga :Aksi Mukti Berbagi Nasi Bungkus di Masa Pandemi

Daryono juga menyampaikan, awan cumulonimbus itu hanya fenomena alam biasa sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Meskipun demikian, ia berharap masyarakat tidak berspekulasi berlebihan tanpa dasar ilmu pengetahuan.

"Jangan berpikir yang enggak-enggak, karena ini fenomena alam biasa. Khazanah alam, kebesaran Allah swt," sebutnya.

Diketahui, gambar dan video fenomena alam seperti gelombang tsunami itu langsung tersebar dan viral di media sosial. Padahal, awan tersebut juga pernah muncul di sekitar Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar awal tahun 2019 lalu. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT