10 August 2020, 15:27 WIB

Kawasan Konservasi, Rumah bagi Keanekaragaman Satwa dan Tumbuhan


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

MENTERI LHK Siti Nurbaya mengatakan kawasan konservasi merupakan rumah bagi keanekaragaman jenis satwa dan tumbuhan, sehingga keberadaannya harus dijaga dan dipelihara. Namun demikian, tidak boleh melupakan aspek pemanfaatannya.

"Potensi yang ada di dalamnya juga harus dapat kita manfaatkan bagi kepentingan masyarakat luas. Keindahan alam kawasan konservasi harus dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah konservasi serta dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar kawasan," kata Menteri Siti di Kawasan TWA Angke Kapuk, Jakarta, Senin (10/8).

Baca juga: Konservasi Pengembangan Bioprospeksi KLHK

Salah satu bentuk pemanfaatan kawasan konservasi melalui pariwisata alam. Bahkan beberapa kawasan konservasi menjadi bagian dari kebijakan pemerintah yang disebut sebagai destinasi pariwisata prioritas dan super prioritas nasional.

Terjadinya penyebaran wabah penyakit covid-19 yang menjadi pandemik tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia, berdampak tidak hanya pada kesehatan dan jiwa manusia, tetapi juga pada berbagai bidang-bidang sosial dan ekonomi, termasuk sektor pariwisata, wisata alam yang mengakibatkan menurunnya akitivas kunjungan wisata ke kawasan konservasi.(OL-5)

BERITA TERKAIT