10 August 2020, 14:21 WIB

HUT Pasar Modal ke-43, Presiden Beri Apresiasi


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo menyampaikan apresiasi terhadap kinerja pasar modal nasional yang berulang tahun ke-43. Pada tahun ini, pasar modal Indonesia menorehkan pencapaian tertinggi di bursa Asia Tenggara.

"Pasar modal kita tetap dapat menorehkan kinerja. Ini dibuktikan adanya 35 IPO baru tahun ini dan penambahan produk lainnya. Itu jumlah IPO tertinggi di antara bursa ASEAN sepanjang 2020,” ujar Jokowi, sapaan akrabnya, dalam sambutan virtual peringatan HUT pasar modal ke-43, Senin (10/8).

“Jumlah investor Indonesia juga mencapai 3 juta, atau naik tiga kali lipat dalam tiga tahun terakhir. Saya sangat apresiasi pencapaian ini," imbuhnya.

Baca juga: Ada Ancaman Resesi, BEI Ingatkan Investor Lebih Waspada

Dalam sambutan itu, Jokowi turut mengungkapkan keraguannya terhadap ketahanan pasar modal di Tanah Air saat pandemi covid-19. Mengingat, pandemi menghantam hampir semua sektor perekonomian. Akan tetapi, lanjut Jokowi, keraguannya tidak terbukti.

"Saat kita hadapi pandemi covid-19 ini ada kekhawatiran dalam diri saya terhadap industri pasar modal. Apakah mampu bertahan," tutur Jokowi.

Kekhawatirannya hilang lantaran otoritas terkait sigap dalam menciptakan kebijakan yang menjaga kinerja pasar modal. Bahkan, pasar modal domestik bisa menorehkan kinerja positif dengan 35 IPO.

Baca juga: Presiden: Kuartal III, Kunci Selamatkan Ekonomi Nasional

Tak hanya Jokowi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menyampaikan ucapan selamat kepada pasar modal dan Bursa Efek Indonesia (BEI). "Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-43 bagi pasar modal dan ke-28 untuk BEI. Kita semua paham pasar modal miliki peran yang luar biasa bagi perkembangan dan kemajuan ekonomi suatu negara," kata Ani, sapaan akrabnya.

Dia pun berharap BEI bisa menjawab tantangan di era kenormalan baru. Serta, terus memberikan kesempatan bagi pemodal domestik dan asing untuk berinvestasi dengan aman, kredibel dan terpercaya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT