10 August 2020, 10:12 WIB

Teliti Covid-19, RSPAD Dapat Rekor Muri


Cahya Mulyana | Humaniora

RUMAH Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto yang berusia 70 tahun diganjar dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Torehan itu berkat kiprah dan upaya rumah sakit itu dalam meneliti dan menanggulangi covid-19.

Muri memberikan dua piagam rekor baru, yakni sebagai RS pionir dalam melaksanakan penelitian convalescent plasma di Indonesia dan menjadi RS yang pertama meluncurkan empat buku dokumentasi di tengah pandemi covid-19, Foccused on Covid-19, Bunga Rampai Covid-19, Humanity Without Border, dan Kumpulan Abstrak Penelitian.

"Rumah sakit Kepresidenan ini merupakan RS pionir dalam melaksanakan penelitian covid-19 di Indonesia," ujar pendiri Muri Jaya Suprana dalam keterangan resmi, Senin (10/8).

Baca juga: India Mulai Uji Klinis Vaksin Produksi Lokal

Penghargaan itu, kata dia, sudah tepat diberikan kepada RSPAD karena torehan rumah sakit itu menjadi pionir penelitian covid-19. Selain itu juga memberikan banyak pengalaman dalam penanggulangan pandemi lewat empat judul buku.

"Yang kedua adalah RSPAD meluncurkan buku dokumentasi di tengah covid-19 sebanyak tidak kurang dari empat buku," tambahnya.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letnan Jenderal TNI dr Bambang Dwihasto mengatakan raihan tersebut tidak lepas dari dukungan seluruh pihak di RS.

"Penghargaan Muri ini akan menjadi penyemangat kami semua. Kami berharap bahwa kinerja kami ke depan akan lebih profesional, sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT