10 August 2020, 09:33 WIB

Kalsel Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional 2022


Denny Susanto | Nusantara

PROVINSI Kalimantan Selatan resmi ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-29 pada 2022.

Kepastian Kalsel menjadi tuan rumah MTQ Nasional ini terungkap dalam acara penyerahan SK Nomor 442 tanggal 20 Mei Tahun 2020 tentang penetapan tuan rumah MTQ Nasional 2022 yang diserahkan Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Ahmad Juraidi kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Minggu (9/8) malam, di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

"Setelah menunggu 50 tahun, Kalsel kembali dipercaya menjadi penyelenggggara MTQ tingkat nasional. Ini merupakan sejarah bagi Kalsel," kata Gubernur Sahbirin, Senin (10/8).

Baca juga: Pekerja Wisata Perlu Dibantu Rp600 Ribu

Kalsel pernah menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-3 pada 1970.

Sahbirin berharap masyarakat dan semua pihak dapat mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan MTQ Nasional ke 29 ini.

Penyelenggaraan even nasional ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah.

Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Ahmad Juraidi mengatakan penetapan Kalsel sebagai tuan rumah MTQ Nasional ke-29 telah melalui proses yang panjang.

"Kalsel sebelumnya telah dua kali mengirim surat kesiapan sebagai tuan rumah yaitu pada  2018 dan 2020. Alhamdulillah, akhirnya Kementerian Agama memutuskan MTQ Nasional ke-29 dilaksanakan di Kalsel," ujarnya.

Dikatakan Juraidi, poin penting terpilihnya Kalsel sebagai tuan rumah MTQ adalah adanya komitmen kepala daerah untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan agar dapat dipilih sebagai tuan rumah. Selain itu adalah faktor kemampuan dan pengalaman daerah penyelenggara, fasilitas tersedia, dukungan masyarakat serta anggaran. (OL-1)

BERITA TERKAIT