10 August 2020, 09:12 WIB

Dunia Janjikan Bantuan 250 Juta Euro untuk Libanon


Basuki Eka Purnama, Faustinus Nua | Internasional

PARA pemimpin dunia, Minggu (9/8), sepakat menggelontorkan dana lebih dari 250 juta euro untul Libanon.

Prancis, tuan rumah konferensi para pemimpin negara, mengatakan dana bantuan itu akan dikirimkan langsung ke populasi yang paling terpengaruh ledakan di dermaga Beirut.

Sebanyak 15 pemimpin negara, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, ambil bagian dalam konferensi daring yang dipimpin Presiden Prancis Emmanuel Macron dan PBB untuk menyatakan solidaritas mereka untuk warga Libanon dan menjanjikan bantuan sumber daya untuk mereka.

Baca juga: Demonstran Libanon Tuntut Pemerintahan Diab Mundur

Pernyataan bersama yang dirilis pascapertemuan itu tidak menyebut jumlah dana bantuang yang disiapkan untuk Libanon. Namun, Prancis mengatakan dana yang akan dikumpulkan segera berjumlah 252,7 juta euro, termasuk 30 juta euro dari 'Negeri Mode' itu.

Macron menjadi pemimpin dunia pertama yang berkunjung ke Libanon pascaledakan amonium nitrat pada Selasa (4/8) yang menewaskan lebih dari 150 orang, melukai sekitar 6 ribu orang, dan menyebabkan kurang lebih 300 ribu orang kehilangan tempat tinggal.

Pernyataan bersama para pemimpin dunia itu juga menggarisbawahi kekhawatiran mereka mengenai korupsi di tubuh pemerintahan Libanon.

"Para pemimpin negara sepakat bantuan mereka harus diberikan segera, secara efisien, dan konsisten bagi warga Libanon. Bantuan ini akan diberikan melalui koordinasi dengan PBB secara langsung kepara warga Libanon," ungkap para pemimpin dunia itu dalam pernyataan bersama. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT