10 August 2020, 08:26 WIB

Jelang Pilkada, Data Covid-19 Diumumkan Per Kabupaten Kota


Kautsar Bobi | Politik dan Hukum

MENTERI Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut, menjelang Pilkada 2020, data penyebaran covid-19 akan dirinci di setiap kabupaten dan kota. Rencana tersebut telah ia koordinasikan dengan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

"Nanti di daerah akan tahu kabupaten mana, kota mana yang mengalami kenaikan (penyebaran covid-19)," ujar Tito dalam diskusi virtual Minggu (9/8).

Tito menegaskan, pemimpin kabupaten dan kota yang tidak dapat mengendalikan laju penyebaran covid-19, akan menjadi sasaran empuk bagi lawan politik. Kepala daerah tersebut akan memiliki citra yang buruk di mata masyarakat dalam menangani covid-19.

Baca juga: Mendagri Sebut Pilkada Picu Kepala Daerah Serius Tangani Covid-19

Selain itu, pemerintah pusat akan memantau perkembangan kabupaten dan kota dalam menangani covid-19. Sehingga dapat mengetahui pasti kinerja kepala daerah dalam mengani virus asal Wuhan, Tiongkok.

Hasil pemantauan dari pemerintah pusat menjadi hidup dan mati bagi kepala daerah yang akan maju kembali dalam Pilkada 2020. Tidak menutup kemungkinan citra petahana akan semakin buruk dinggap tidak mamampu mengendalikan laju penyebaran covid-19.

"Pak Presiden (Joko Widodo) atau Ketua Satgas Penangan Covid-19 (Doni Monardo) ngomong sedikit saja, kabupaten A atau kota A kok naik terus tidak terkendali. Itu cukup dikutip lawan politiknya dan dieksploitasi di media lokal dianggap tidak mampu," jelasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT