10 August 2020, 07:23 WIB

Mendagri Sebut Pilkada Picu Kepala Daerah Serius Tangani Covid-19


Kautsar Bobi | Politik dan Hukum

MENTERI Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut Pilkada 2020 akan menjadi pemicu pemerintah daerah bersungguh-sungguh menangani penyebaran covid-19 dan dampaknya. Terlebih jika kepala daerah tersebut akan maju lagi dalam pilkada.

"Penanganan covid-19 di 270 daerah (peserta pilkada), kalau mesin (kepala daerah) ini bergerak mampu menstimulasi (daerah lain)," ujar Tito dalam diskusi virtual, Minggu (9/8).

Tito menegaskan Pilkada memberikan kedaulatan secara penuh kepada masyarakat. Masyarakat akan menentukan nasib seseorang yang akan duduk sebagai kepala daerah.

Baca juga: Stakeholder Dituntut Jamin Pilkada 2020 Aman di Tengah Pandemi

"Pilkada ini menjadi unjuk gigi dia (masyarakat) pemegang kekuatan memilih pemimpin yang kuat," tuturnya.

Oleh sebab itu, kondisi tersebut secara tidak langsung membuat kepala daerah akan bekerja secara penuh dalam mengatasi covid-19 dan dampaknya.

Tito meyakini, Pilkada bagi kepala daerah sebagai penentu merebut atau mendapatkan kekusaan.

Lebih lanjut, dalam Pilkada 2020 terdapat 203 kepala daerah dari 270 daerah yang berpotensi kembali ikut berkompetisi. Sedangkan 67 kepala daerah lainnya tidak dapat lagi mengikuti pesta demokrasi daerah.

"Dia (67 kepala daerah) akan punya jagoan untuk melanjutkan kebijakan atau mengamankan kebijakan sebelumnya," imbuhnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT