09 August 2020, 12:43 WIB

Dishub DKI Bagikan Buku Panduan Bersepeda Selama Pandemi


Cindy Ang | Megapolitan

DINAS Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta membagikan buku panduan bersepeda secara gratis kepada warga. Pasalnya, tren bersepeda di Ibu Kota meningkat 10 kali lipat selama pandemi covid-19.

"Artinya, ada 1.000% peningkatan pengguna sepeda di Jakarta. Maka perlu edukasi dan sosialisasi lewat buku panduan tersebut," jelas Kepala Dishub DKI, Syafrin Liputo di acara Selamat Pagi Indonesia Metro TV, Minggu (9/8).

Syafrin menyebut buku panduan bersepeda itu bertujuan memberi edukasi bersepeda yang aman dan bijak. Sehingga pesepeda tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak melanggar tata tertib lalu lintas.

"Ada isyarat saat pesepeda membuat pergerakan, belok kanan, belok kiri, dan memberi ruang bagi pengguna sepeda lainnya," kata dia.

Baca juga: Hari Ini, Jalur Sepeda di Sudirman-Thamrin Tetap Buka

Buku panduan tersebut dibuat bersama-sama dengan sejumlah komunitas pengiat sepeda. Antara lain komunitas Bike2Work Indonesia, Transport for Jakarta, Road Safety Association (RSA), dan Dewan Transportasi Kota Jakarta.

Buku panduan diberikan kepada seluruh produsen sepeda di Jakarta. Sementara panduan berupa pamflet dibagikan ke pesepeda.

"Selain buku panduan, dari aspek sarana prasarana, kami, Pemprov DKI, terus memperbaiki agar aspek keselamatan keamanan terpenuhi," ucap Syafrin.

Ketua Bike2Work Indonesia Poetoet Soedarjanto mengakui masih banyak pesepeda yang abai terhadap tata tertib lalu lintas dan protokol kesehatan selama bersepeda. Maka perlu ada edukasi kepada masyarakat dengan membagikan buku panduan tersebut.

"Kami, hari ini, sosialisasi di Kota Serang, Banten, lebih ke pembagian pamflet. Kita juga edarkan soft file-nya ke daerah agar bisa diubah sesuai aturan yang ada," kata Poetoet.

Panduan yang tertuang di dalam pamflet itu yakni persiapan sebelum bersepeda, memastikan kondisi sepeda, tata cara bersepeda di jalan raya, hingga bersepeda di persimpangan. Kemudian ada juga peta jalur sepeda dan titik-titik parkir sepeda di Jakarta. (OL-1)

BERITA TERKAIT