09 August 2020, 14:15 WIB

Dua Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan Sebulan Penuh


Palce Amalo | Nusantara

DUA Bendera Merah Putih raksasa masing-masing berukuran 6x22 meter dikibarkan di dua lokasi berbeda di Nusa Tenggara Timur (NTT) selama sebulan penuh.

Bendera pertama dikibarkan di Menara Suar di pesisir pantai wilayah kota lama, Kota Kupang, dan bendera kedua dikibarkan di Menara Suar Pelabuhan Wini, Kecamatan Insana Utara, Timor Tengah Utara.

Baca juga: Forkopimda Sidoarjo Bagikan Masker, Susu, dan Vitamin

"Rencananya dua bendera ini dikibarkan sampai peringatanhari menara suar 17 September 2020," kata Kepala Kantor Distrik Navigasi Kupang, Muhammad Israyadi, Minggu (9/8). Untuk bendera merah putih yang dikibarkan di Kota Kupang dapat dilihat dari berbagai penjuru kota.

Israyadi menyebutkan pengibaran bendera di menara suar bertujuan menyemangati masyarakat jelang Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan RI. 

Masyarakat diingatkan kembali tentang perjuangan dan pengorbanan para pejuang merebut kemerdekaan dari  penjajah. "Mereka telah mengorbankan harta benda dan jiwa raga sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan sampai saat ini," katanya.

Untuk itu, generasi muda terus diingatkan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif. "Kita ingatkan bahwa kebersamaan dan kenikmatan kemerdekaan adalah hasil jerih payah para pejuang," kata Israyadi.

Menara Suar di Kota Kupang tersebut dibangun sejak 2018 hanya berjarak lima meter dari menara suar peninggalan Belanda yang dibangun pada 1917 dengan tinggi sekitar lima meter. Menara suar tersebut kini menjadi obyek wisata sejarah yang merupakan bagian dari wilayah kota lama, Kota Kupang.

Menurutnya, lampu menara suar peninggalan Belanda masih menyela, namun dipadamkan. Untuk menuntun kapal yang akan bersandar di pelabuhan, saat ini hanya menggunakan menara suar yang baru tersebut. Bangunan menara setinggi 30 meter yang dilengkapi 187 anak tangga, daya lampu 500 watt dengan jangkauan 18 mil.

Dua menara suar itu bagian dari 21 menara suar di NTT dan Maluku Tenggara Barat, Maluku rutin didatangi petugas navigasi untuk kegiatan pemeliharaan.

Kepala Kelompok Sarana Bantu Navigasi Pelayaran, Distrik Navigasi Kupang, Mulyanto Djami menyebutkan perairan Teluk Kupang memiliki satu rambu pelabuhan di pantai Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang dan dua rambuh suar masing-masing di Pulau Semau dan Pulau Kera. (OL-6)

BERITA TERKAIT