09 August 2020, 11:42 WIB

Pulau Nusa Kutu Jadi Tempat Favorit Muda-Mudi Berswafoto


Gabriel Langga | Nusantara

PULAU Nusa Kutu yang berlokasi di Desa Kolisia B, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur belum dikelola menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sikka.

Menurut cerita warga setempat, dahulu kala, Pulau Nusa Kutu menyatu dengan daratan Flores. Namun, pada 1992, Kabupaten Sikka dilanda bencana alam yakni gempa dan tsunami sehingga lahirlah Pulau Nusa Kutu yang terpisah dari daratan Flores.

Untuk bisa sampai ke Pulau Nusa Kutu, Media Indonesia harus berjalan kaki sekitar 50 meter dengan melewati lereng bukit. Kebetulan air laut sedang surut. Namun, jika air laut pasang, pulau itu hanya bisa dipandang melalui sebelah bukit Nanga.

Baca juga: NasDem, PBB, dan PKPI Usung Edi-Weng di Pilkada Manggarai Barat

Saat Media Indonesia menginjakan kaki di Pulau Nusa Kutu, sudah banyak pengunjung yang didominasi kamu muda sedang berswafoto untuk mengabadikan momen terindah itu menggunakan ponsel dan kamera.

Pasalnya, saat berada di puncak Pulau Nusa Kutu, mata kita dimanjakan dengan pemandangan yang eksotis.

Usai dari puncak Pulau Nusa Kutu, Media Indonesia melanjutkan perjalanan ke Bukit Nanga yang sudah menyatu dengan daratan Pulau Flores. Lokasi tersebut tidak jauh dari Pulau Nusa Kutu dan berjarak kira-kira 20 meter.

Untuk bisa ke Bukit Nanga itu, Media Indonesia kembali dipacu adrenalin untuk melewati lereng bukit tersebut dengan berjalan kaki. Saat berada di lokasi itu, tampak juga sudah ada muda-mudi yang lagi asyik berswafoto dengan latar belakang foto Pulau Nusa Kutu.

Saat ditemui Media Indonesia, Minggu (9/8), salah satu warga yang tinggal di Kota Maumere Devie Isabella mengatakan pemandangan di Bukit Nanga sangat indah. Apalagi, dirinya ingin berswafoto dengan latar belakang Pulau Nusa Kutu.

"Tadi juga kami sempat naik di puncak Nusa Kutu untuk berselfie dan foto. Sekarang kita pindah tempat ke sini, biar latar belakang foto kita, ada Pulau Nusa Kutu," kata Devie.

Sementara itu, pengunjung lainnya, Andre Aseleo mengatakan lokasi sekitar Pulau Nusa Kutu ini pemandangan sangat menakjubkan. Para pengunjung bisa lihat dari atas bukit seperti laut, sawah, dan beberapa hewan ternak. "Pokoknya tempat ini sangat menakjubkan!"

Ia berharap tempat ini bisa dikelola secara baik sehingga menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Sikka. (OL-1)

BERITA TERKAIT