09 August 2020, 11:35 WIB

DKI: Hindari Lomba 17 Agustus, Covid-19 Belum Aman


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Setiap setahun sekali, warga berbondong-bondong mengikuti lomba 17 Agustus. Namun, untuk HUT ke-75 Republik Indonesia (RI) kali ini, Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin meminta warga untuk menghindari lomba yang biasa diadakan.

"Berbagai jenis kegiatan lomba yang berpotensi terjadinya penularan itu sebaiknya dihindari. Jakarta ini masih pandemi covid-19 (kasusnya tinggi)," kata Arifin saat dihubungi, Jakarta, Minggu (9/8).

Arifin menyebut sulit menjaga jarak pada lomba-lomba 17-an, yang dikhawatirkan bisa menulari covid-19 antarwarga. Lomba panjat pinang misalnya, warga saling berangkulan dan berdekatan dilarang untuk diselenggarakan saat pesta kemerdekaan RI tersebut.

Baca juga: 8 Agustus, Jakarta Sumbang Kesembuhan Covid-19 Terbanyak

"Alangkah bijaknya kita memilih keselamatan diri kita masing-masing, kesehatan semua orang. Jadi, jenis kegiatan apa pun yang dirasa bisa menimbulkan penularan (covid-19), sebaiknya ditiadakan," tegas Arifin.

Apabila ada warga yang ngotot lakukan lomba 17-an di tengah pandemi covid-19, Arifin meminta warga selektif dalam memilih lomba yang kreatif dan tentu menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Pihaknya berencana mengatur kegiatan apa saja yang boleh dilakukan warga pada HUT ke-75 RI mendatang.

"Masyarakat harus lebih kreatif untuk memilih jenis-jenis kegiatan apa yang pantas dilakukan dalam rangka menyemarakkan ultah. Nanti kita menyusun kegiatan (lomba 17-an) dalam waktu dekat ini. Supaya jadi rujukan berbagai aktivitas masyarakat," pungkas Arifin. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT