09 August 2020, 10:45 WIB

Trump Perpanjang Masa Pemberian Bantuan untuk Korban Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Sabtu (8/8), menandatangani perintah eksekutif untuk memperpanjang pemberian bantuan finansial untuk warga AS yang terhantam pandemi covid-19.

Kebijakan itu diambil Trump setelah Partai Republik dan Partai Demokrat di Kongres gagal mencapai kata sepakat mengenai paket stimulus baru yang akan membantu warga AS yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi.

"Kami akan membantu menyelamatkan pekerjaan di Amerika dan memberikan bantuan bagi para pekerja," ujar Trump saat menghabiskan akhir pekan di klub golf miliknya di Bedminster, New Jersey.

Baca juga: Rusia, Tiongkok, dan Iran Berupaya Pengaruhi Pemilu AS

Dengan angka pengangguran mencapai dua digit, gangguan terhadap dunia usaha akibat aturan menjaga jarak sosial, dan kasus covid-19 yang masih terus menyebar, banyak warga AS menggantungkan diri pada bantuan sosial yang mayoritas berakhir pada Juli lalu.

Trump mengatakan keputusannya mengeluarkan perintah eksekutif berarti dana bantuan bisa segera dibagikan.

Namun, faktanya, keputusan Trump itu hanya akan digugat karena Kongres AS merupakan pemegang kendali anggaran federal.

Bagi Trump, yang tertinggal dalam berbagai jajak pendapat dari Joe Biden menjelang pemilu AS, 3 November mendatang, perintah eksekutif itu hanyalah upaya menunjukkan dirinya masih berkuasa. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT